Monday, April 1, 2013

[media-jabar] Rekomendasi Bulan Ini: Bukan Jalan-Jalan Biasa (TV One)

 

Rekomendasi Bulan Ini: Bukan Jalan-Jalan Biasa (TV One)
 
TV One, tiap Sabtu, Pk 18.00 WIT
Bukan Jalan-Jalan Biasa adalah feature tentang sebuah perjalanan ke sebuah negara. Seperti namanya, jalan-jalan dalam tayangan ini bukanlah sekadar jalan-jalan. Jika kebanyakan tayangan semacam ini mengusung kenikmatan berkuliner, keindahan alam, atau mendatangi sesuatu yang dianggap "objek wisata", maka Bukan Jalan-Jalan Biasamengajak kita melihat aktivitas perjalanan dengan cara yang berbeda. Sebagai misal, tayangan ini mengajak kita menjadi warga dunia, dengan menyajikan beragam hal, dari kemajuan pendidikan teknologi informasi dan medis di India, konflik antarfaksi agama di Pakistan, hingga liputan desainer ternama Rusia keturunan Indonesia. Tepat, di sinilah kelebihan tayangan ini, sebab tidak mengajak kita berhenti sekadar menjadi "pelancong". Dalam hal ini, Bukan Jalan-Jalan Biasa merupakan kesempatan untuk belajar, memahami dunia, dan memberi kita informasi yang meluaskan cakrawala.
Sayangnya, kelebihan tayangan ini hanya terletak dari pilihan sudut pandanganya yang tidak "biasa". Reportase yang disajikan masih bersifat "pengetahuan umum", tanpa analisis yang lebih mendalam. Hal ini, antara lain, dimungkinkan oleh fokus tayangan yang tidak terlalu kuat. Tuntutan sebagai tayangan jalan-jalan sekaligus sebagai sebuah liputan mendalam rupanya saling berebut tempat dalam Bukan Jalan-Jalan Biasa, sehingga ada kesan setengah-setengah. Tidak sepenuhnya sisi liputan digali lebih dalam, dan tidak sepenuhnya juga aktivitas jalan-jalannya "menyenangkan". Seandainya tayangan ini didukung data riset yang memadai dan tema yang lebih fokus,  kelemahan di atas tentu bisa dihindari.
Tim Produksi:
Penanggungjawab: Karni Ilyas | Wakil PenanggungjawabSulaeman Syakib
Penyelia program: Alvito Deanova
Penanggungjawab Program: Bambang Triadi
Produser Eksekutif: Budhi Nugroho
Produser: Samudra BramantyoNoorwansyah TS
Asisten Produser: Ella DeviantiNurhadi Wijayanto
Juru Kamera: Marwan
Baca selengkapnya >> www.remotivi.or.id

--
REMOTIVI
"Hidupkan Televisimu, Hidupkan Pikiranmu"
www.remotivi.or.idTwitter | Facebook


Remotivi adalah sebuah inisiatif warga untuk kerja pemantauan tayangan televisi di Indonesia. Cakupan kerjanya turut meliputi aktivitas pendidikan melek media dan advokasi yang bertujuan (1) mengembangkan tingkat kemelekmediaan masyarakat, (2) menumbuhkan, mengelola, dan merawat sikap kritis masyarakat terhadap televisi, dan (3) mendorong profesionalisme pekerja televisi untuk menghasilkan tayangan yang bermutu, sehat, dan mendidik.

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment