Sunday, April 21, 2013

[media-jabar] Siaran Pers Sahabat Walhi (SAWA) Jabar : Hari Bumi 2013, "Konsumerisme di Bumi’

 

Siaran Pers

Hari Bumi 2013

'Konsumerisme di Bumi'

 

"Bumi ini cukup untuk memenuhi kebutuhan semua orang tapi tidak cukup untuk satu orang serakah –Mahatma Gandhi-"

Berbagai kerusakan di bumi juga berbagai bencana yang datang hari ini tidak terlepas dari campur tangan manusia, mulai kebijakan yang tidak sesuai hingga gaya hidup yang boros. Kerusakan yang berlangsung tiap detik dengan massif dan sistematis membuat kritis di berbagai kebutuhan seperti air bersih, udara, energi ditambah dengan pola hidup yang makin konsumtif, semakin tidak terkendali kerusakan di bumi ini.

"orang-orang sekarang banyak mengkonsumsi barang ataupun banyak hal yang sebenarnya tidak mereka butuhkan, demikian pernyataan Dilla, seorang pelajar tentang kondisi bumi hari ini. Dilla juga menambahkan "hal yang sederhana seperti dalam hal belanja, betapa banyak orang belum paham tentang apa yang mereka ketika belanja, mulai dari  tas kresek, kemasan-kemasan dari produk yang mereka beli yang biasanya berakhir menjadi sampah, semuanya ingin instan". Selain itu " ketika menjadi konsumtif, orang cenderung menjadi tidak peduli terhadap lingkungan sekitarnya, tutur Dilla"

Seperti ungkapan Gandhi diatas, sebenarnya semua itu sederhana dalam mewujudkan bumi yang adil dan nyaman, "ketidak seriusan dan tidak adanya komitmen terhadap lingkungan yang nyaman dari otoritas negara memperparah kerusakan di bumi ini, kata Sawung dari WALHI Jabar. "banyak produk kebijakan yang harusnya mampu melindungi masyarakat dan lingkungan hanya jadi bahan bacaan saja, kawasan KBU, banjir di wilayah Cekungan Bandung, bangunan-bangunan mulai apartemen, hotel juga pusat-pusat perbelanjaan yang tidak diatur dengan tegas jadi contoh makin rusak dan semrawutnya lingkungan hari, tambah Sawung".

Hari Bumi bukan hanya momentum peringatan atas makin kritisnya kondisi bumi tapi jadi refleksi bersama untuk bersama sama mewujudkan lingkungan yang adil dan nyaman buat semua. Putih dalam peringatan Hari Bumi 2013 ini mencerminkan kesederhanaan, semua orang bisa berkontribusi dalam menciptakan bumi dengan hal-hal yang sederhana.

Setiap Hari adalah Hari Bumi.

Salam hormat

Sahabat WALHI Jabar

Reza Adrian : 085221598173



--
"Selamatkan Rakyat dan Pulihkan Lingkungan Hidup Jawa Barat"
 **********************************************************************************
 Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Jawa Barat
 Jalan Piit Nomor 5 Bandung 40133
 Telp/Fax. +62 22 250 7740
 E-mail : jabar@walhi.or.id, walhijabar@gmail.com, walhi@walhijabar.org
 ***********************************************************************************

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
MARKETPLACE


.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment