Sunday, October 13, 2013

[batavia-news] Indonesia Potensial Jadi Pasar Asuransi Syariah + Beda Asuransi Syariah dan Konvensional

 

 
 
 

Indonesia Potensial Jadi Pasar Asuransi Syariah

Senin, 14 Oktober 2013, 00:21 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Besarnya jumlah penduduk Muslim di Tanah Air membuat Indonesia dinilai sebagai pasar yang sangat potensial bagi pertumbuhan asuransi syariah.

"Pasar asuransi syariah di Indonesia pada saat ini terus mengalami pertumbuhan yang pesat, mengingat mayoritas penduduk Indonesia adalah Muslim," kata Ketua Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia, M. Syaifie melalui siaran pers di Jakarta, Ahad.

Dia menjelaskan, permintaan masyarakat terhadap produk asuransi syariah di Indonesia cukup besar dan terus mengalami peningkatan. Sedangkan saat ini baru sedikit perusahaan asuransi yang dinilai mampu dan diberikan izin untuk memasarkan produk asuransi syariah.

Karena itu, tambah dia, pihaknya mendukung peluncuran Asuransi Mitra Syariah di Indonesia.

Sementara itu, Presiden Direktur Asuransi Mitra Maparya Joseph Angkasa mengatakan, Asuransi Mitra Maparya membentuk unit usaha syariah, dengan meluncurkan produk Asuransi Syariah.

Unit Usaha Syariah ini menggandeng tiga perusahaan Reasuransi yaitu PT Reasuransi Nasional Indonesia, PT Maskapai Reasuransi Indonesia dan Reasuransi Internasional Indonesia sebagai mitra pendukung.

Peluncuran unit usaha syariah yang diberi nama Mitra Syariah, diawali dengan pemasaran produk perdana yaitu asuransi kendaraan bermotor syariah dan selanjutnya akan dikembangkan pada asuransi properti syariah dan asuransi alat berat syariah.

"Dengan Mitra Syariah, Asuransi Mitra Maparya dapat memenuhi permintaan pasar untuk produk asuransi syariah. Mitra Syariah akan dipasarkan di seluruh cabang atau perwakilan Asuransi Mitra Maparya yang tersebar di Indonesia," katanya.
 
 
+++++
 
 

Beda Asuransi Syariah dan Konvensional

Rabu, 03 Juli 2013, 12:46 WIB
Komentar : 1
A+ | Reset | A-

REPUBLIKA.CO.ID, Assalammu'alaikum

Aku mau tanya dong, tentang asuransi syariah? Apa sih bedanya asuransi biasa dan asuransi yang berlabel syariah? Dan apakah sudah banyak orang yang ikut dalam asuransi syariah? Saya tunggu jawabannya. Terima kasih.

Wassalam

Ridhoni

 

Jawaban :

Wa'alaikumussalam wr wb

Mas Ridhoni yang dirahmati Allah SWT, ada beberapa perbedaan antara asuransi konvensional dengan asuransi syariah. Diantaranya yang terpenting adalah pada pengelolaan dana asuransi, bahwa investasi dana hanya boleh diletakkan pada instrumen yang berbasis syariah. Bukan

hanya pada objek asuransi yang harus bebas dari unsur haram, pada pengelolaan juga harus bersih dari unsur gharar (ketidakjelasan), maysir (judi) dan riba. Semua itu diawasi langsung oleh Dewan Pengawas Syariah sebagai bagian dari Good Corporate Governance yang mana pada asuransi konvensional tidak berlaku demikian. Pengelolaan risiko pada asuransi syariah juga berdasarkan prinsip sharing of risk di antara peserta, sementara pada asuransi konvensional berdasarkan prinsip transfer of risk dari pemegang polis kepada perusahaan.

Secara umum dapat dikatakan bahwa asuransi syariah di Indonesia terus mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari semakin banyaknya perusahaan asuransi syariah ataupun perusahaan asuransi konvensional yang membuka unit syariah. Asosiasi Asuransi Syariah

Indonesia (AASI) memperkirakan pertumbuhan industri asuransi syariah pada 2013 mencapai 30-40 persen. Tahun depan juga diperkirakan akan menjadi puncak pertumbuhan asuransi syariah di Indonesia.

Wallahu'alam bishowab

Wassalaamualaikum wr wb

Salahuddin El Ayyubi

Program Studi Ekonomi Syariah Departemen Ilmu Ekonomi FEM IPB

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment