Monday, October 21, 2013

[batavia-news] Politik Dinasti Akibat Kegagalan Kaderisasi Parpol

 

res : Kegagalan  kaderisasi yang disengajakan oleh pimpinan partai politik, karena menguasai partai adalah menguasai rejeki nomplok untuk keluarga.
 
 

Politik Dinasti Akibat Kegagalan Kaderisasi Parpol

Politik dinasti, seperti terjadi di Provinsi Banten, diakibatkan gagalnya kaderisasi partai politik (ANTARA/Dhoni Setiawan)

Jakarta, GATRAnews
- Munculnya fenomena politik dinasti, seperti terjadi di Provinsi Banten sekarang ini, diakibatkan gagalnya kaderisasi partai politik. Demikian analisa Direktur Center for Election and Political Party (CEEP), Reni Suwarso.

"Ketidakmampuan parpol melakukan kaderisasi, pendidikan politik, sosialisasi mengakibatkan orang-orang yang tidak punya kapasitas kemudian direkrut, salah satunya, ya ini, jadinya keluarga, ya, sudahlah daripada nggak ada, siapa lagi?" katanya kepada Antara, Minggu (20/10).

Menurutnya, kegagalan partai politik dalam kaderisasi juga berdampak pada peran partai politik dalam mengisi jabatan publik. Partai politik kemudian hanya menjadi stempel bagi perorangan yang akan maju dalam pemilihan kepala daerah.

"Bagi mereka yang memiliki sumber daya ekonomi dan politik, tentu kondisi ini menjadi tempat yang tepat berkembangnya dinasti politik, cukup mendapatkan stempel dari partai politik pengusung," ujarnya.

Akibatnya, pemerintahan yang dijalankan sulit diharapkan untuk dapat melayani dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. "Mengingat kapasitas kepemimpinannya yang juga diragukan," katanya.

Selain itu, politik dinasti juga muncul karena lemahnya nilai-nilai demokrasi yang tertanam dalam masyarakat. Menurut dia, sistem demokrasi yang diimplementasikan saat ini tidak dibarengi dengan penanaman nilai-nilai demokrasi.

Akibatnya, demokrasi bersifat prosedural, sementara pola pikir masyarakat masih bersifat kedaerahan dan kerajaan. Kombinasi tersebut membuat dinasti politik tumbuh subur.

"Meski secara formal demokratis, nilainya tidak demokratis, yang berkembang adalah nilai kerajaan, karena apa? Karena nilai budayanya dari dahulu kerajaan, sementara nilai-nilai demokrasi tidak tertanam," tambahnya. (TMA)

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment