Sunday, January 19, 2014

[batavia-news] Buku SBY Dituding Pencitraan

 

 
 
 
DINAMIKA POLITIK
Buku SBY Dituding Pencitraan


Bambang Soesatyo, Angggota DPR
 

Senin, 20 Januari 2014

JAKARTA (Suara Karya): Isi buku Selalu Ada Pilihan yang ditulis oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dinilai hanya bertujuan untuk pencitraan belaka sekaligus mencerminkan arogansi SBY yang merasa berhasil setelah memimpin negara ini dalam dua periode.
Demikian pendapat pengamat politik Boni Hargens dan angggota DPR Bambang Soesatyo secara terpisah di Jakarta kemarin. Menurut Boni, bukti arogansi SBY terlihat jelas dari subjudul. "Apa keberhasilan SBY dalam sepuluh tahun terakhir? Enggak ada. Saya rasa sepuluh tahun ini hanya tahun-tahun kebohongan," katanya.
Boni menganggap satu-satunya keberhasilan SBY adalah memanipulasi masyarakat dengan pencitraan politik yang luar biasa. Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) itu juga menilai peluncuran buku SBY merupakan sebuah antisipasi terhadap "kicauan" Anas Urbaningrum. Menurutnya, setelah Anas mengucapkan terima kasih kepada SBY, itu merupakan sebuah simbol ancaman.
"Ucapan terima kasih Anas itu kan sebuah ancaman. Sekiranya SBY meluncurkan buku ini, ibaratkan mengeluarkan payung sebelum hujan," ujar Boni.
Kendati Anas dan SBY sama-sama mengeluarkan buku pada hari yang sama, yakni Jumat (17/14), Boni menilai saat ini Partai Demokrat ingin memengaruhi opini masyarakat untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat. Boni juga meminta agar KPK segera menyidangkan Anas. Dengan begitu, Anas akan dapat mengungkapkan kebenaran yang terjadi.
"Saya kira, kalau persidangan Anas ini cepat, ini lebih menarik dan lebih baik. Kita dapat mendengar informasi yang disampaikan Anas. Kita mendorong Anas harus segera disidang sebelum pemilu," kata Boni.
Boni juga menilai, dengan kasus-kasus korupsi yang membelit sejumlah mantan kader Partai Demokrat, akan menurun elektabilitas partai sebagai peserta Pemilu 2014.
Bambang Soesatyo menilai momentum peluncuran buku itu kurang tepat. "Saya mengapresiasi buku Selalu Ada Pilihan buah karya Presiden SBY itu, tetapi momentum peluncuran buku itu tidak tepat," ujarnya.
Bahkan, menurut dia, peluncuran tersebut sama sekali tidak bijak karena pada saat bersamaan rakyat di sejumlah daerah sedang dilanda bencana banjir dan gunung meletus.
Peluncuran buku setebal 824 halaman itu, dihadiri sejumlah pejabat tinggi negara, anggota DPR, serta sejumlah tokoh dari berbagai profesi.
Padahal, pada hari itu warga di sejumlah wilayah di Jakarta hingga Manado di Sulawesi Utara dan Kabupaten Karo, Sumatera Utara, sedang berjuang mengatasi sejumlah persoalan akibat banjir. Sementara warga di Kabupaten Karo, Sumut, harus berupaya membebaskan diri dari siraman abu Gunung Sinabung.
"Saya tidak ingin mengomentari esensi atau muatan buku itu. Tetapi, perayaan meluncurkan buku itu akan memunculkan kesan Presiden tidak bersimpati dengan situasi bencana yang sedang terjadi di sejumlah daerah di Tanah Air," tuturnya.
Akibatnya mudah ditebak, publik pun kurang peduli pada buku itu. Bagi warga kebanyakan, tidak ada waktu untuk menyimak perayaan peluncuran serta muatan buku itu, karena masyarakat sedang berkonsentrasi mengantisipasi bencana dengan segala akibatnya.
Ceritanya akan berbeda jika Presiden memerintahkan para pembantu terdekatnya mengumumkan penundaan peluncuran buku itu karena alasan bersimpati kepada warga yang sedang menghadapi bencana. Kalau penundaan perayaan itu dilakukan, bukan hanya simpati yang mengalir untuk SBY, tetapi juga menjadi sarana mempromosikan buku itu.
Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf tidak ingin peluncuran buku SBY dikait-kaitkan dengan peluncuran buku Anas, Janji Kebangsaan Kita.
"Saya enggak tahu siapa yang menyamakan hari peluncuran buku ini," ujarnya. "Peluncuran buku Pak SBY sudah direncanakan terlebih dahulu, jauh hari. Jadi tidak ada kaitannya dengan peluncuran buku Anas," kata Nurhayati. (Rully/Antar

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment