Monday, January 6, 2014

[batavia-news] Kemenhub Sesalkan Kasus Listrik Padam di Ngurah Rai

 

res :  Listrik padam di berbagai tempat. Apakah ini hasil tugas istimewa menteri BUMN PLN?
 
 
 
Kemenhub Sesalkan Kasus Listrik Padam di Ngurah Rai
 
06 January 2014 Ellen Piri Ekonomi dibaca: 124
 
 
 
 
Kejadian mati lampu di Bandara Ngurah Rai pada Minggu (5/1) pukul 07.44 hingga pukul 09.50.
 
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub)  menginstruksikan PT Angkasa Pura Airport untuk memeriksa jaringan kelistrikan di Bandara Ngurah Rai pascaperistiwa mati lampu di bandara tersibuk kedua di Indonesia tersebut.
 
Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan mengatakan, regulator menyesalkan terjadinya peristiwa mati lampu di bandara yang berdampak pada keterlambatan jadwal penerbangan (delay) dari dan ke bandara Ngurah Rai.
 
"Tentu amat disayangkan kejadian itu karena bandara merupakan obyek vital. Apalagi, akibat kejadian tersebut berdampak pada terganggunya layanan penerbangan," ujarnya, Senin (6/1).
 
Diungkapkan, kejadian mati lampu di bandara Ngurah Rai pada Minggu (5/1) pagi hampir sama kejadiannya dengan peristiwa mati lampu yang juga pernah terjadi di Bandara Soekarno-Hatta-Cengkareng.
 
"Saat mati lampu terjadi, biasanya sumber listrik beralih ke genzet. Nah, setelah pasokan listrik utama kembali, malah terjadi korslet, dan menyebabkan kerusakan pada panel lainnya. Ini yang harus dicek," kata Bambang.
 
Karena itu, lanjutnya, Menteri Perhubungan telah menginstruksikan Dirjen Perhubungan Udara agar mengevaluasi kejadian mati lampu di bandara Ngurah Rai, agar kejadian tidak terulang lagi.
 
Kepala Humas PT Angkasa Pura Airports Handy H. menyampaikan permohonan maaf atas kejadian tersebut.
 
Ia mengakui, kejadian mati lampu di Bandara Ngurah Rai pada Minggu (5/1) pukul 07.44 hingga pukul 09.50. "Penyebabnya, karena ada gangguan trafo di terminal kedatangan internasional," kata dia.
 
Akibat kejadian mati lampu, penerbangan Garuda dari Denpasar mengalami penundaan.
Kepala Komunikasi Perusahaan Garuda Indonesia Pujobroto mengungkapkan, penerbangan Garuda dari Denpasar Bali ke berbagai kota tujuan baik di dalam maupun ke luar negeri antara pukul 8.00 hingga pukul 15.30 pada Minggu (5/1) .
 
"Rata-rata pesawat mengalami keterlambatan keberangkatan rata-rata  satu hingga  satu setengah jam  akibat listrik mati di bandara Ngurah Rai, Bali," katanya.
 
Akibat listrik mati, lanjutnya, para penumpang yang akan berangkat (masuk ke dalam bandara) harus menjalani proses pemeriksaan barang secara manual (setiap penumpang diminta untuk membuka isi tas/bagasinya), sehingga para penumpang terlambat tiba di konter check-in Garuda.
 
Pujobroto mengungkapkan, padamnya listrik tersebut juga mengakibatkan sistem check-in Garuda tidak berfungsi, sehingga proses check-in penumpang juga harus dilakukan secara manual yang memakan waktu lebih lama.
 
Puncak Arus Balik
Seperti diketahui hari ini adalah merupakan puncak arus balik setelah liburan akhir tahun, dan penerbangan Garuda dari Denpasar ke Jakarta yang biasanya sebagian besar penerbangan dilayani dengan pesawat "narrow body" (B 737-800NG, berkapasitas 162 penumpang), hari ini seluruh penerbangan dari Denpasar ke Jakarta (sebanyak enambelas penerbangan) dilayani dengan pesawat "wide body" (A 330 dan B 747-400) yang berkapasitas lebih dari 300 dan 400 penumpang.
 
Akibat proses/penyiapan keberangkatan pesawat yang harus dilakukan secara manual tersebut, sementara jumlah penumpang meningkat signifikan, maka  sejumlah penerbangan Garuda, antara lain GA 405, Denpasar-Jakarta mengalami keterlambatan selama 1 jam 40 menit, GA 406, Cengkareng - Denpasar, mengalami keterlambatan 1 jam 30 menit.
GA 856, Denpasar - Hongkong, mengalami keterlambatan 2 jam 35 menit, GA 726, Denpasar - Perth, mengalami keterlambatan 2 Jam 40 menit, GA 341, Denpasar - Surabaya, mengalami keterlambatan 1 jam 10 menit, GA 335, Denpasar - Bandung, mengalami keterlambatan 1 jam 55 menit, GA 620 Denpasar - Makasar, mengalami keterlambatan 1 jam 30 menit.
 
"Garuda menyampaikan permohonan maaf berkaitan kekuranglancaran dan kekurangnyamanan penumpang yang melaksanakan penerbangan dari Denpasar hari ini, akibat situasi yang terjadi di luar kemampuan Garuda," katanya menandaskan.


I am using the Free version of SPAMfighter.
SPAMfighter has removed 2463 of my spam emails to date.

Do you have a slow PC? Try a free scan!

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment