Sunday, February 2, 2014

[batavia-news] LSI: Demokrat Berpotensi Jadi Partai Kecil di Pemilu 2014

 

res : Kecil bisa berarti hilang dari arena percaturan politik rezim.
 
 

LSI: Demokrat Berpotensi Jadi Partai Kecil di Pemilu 2014

Minggu, 2 Februari 2014 | 14:09 WIB
 
JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Demokrat berpotensi menjadi partai kecil pada Pemilu 2014 mendatang. Pasalnya, berdasarkan hasil Survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Demokrat hanya mendapatkan 4,7 persen pada Januari 2014.

Sebagai informasi saja, partai yang mendapat suara diatas 10 persen, dikategorikan sebagai partai besar. Partai yang mendapat 5-10 persen suara, dikategorikan sebagai partai menengah. Sementara partai yang perolehan suaranya dibawah 5 persen, dikategorikan sebagai partai kecil.

"Itu artinya Demokrat berpotensi hanya akan menjadi partai kecil di Pemilu 2014 nanti," kata Peneliti LSI Adjie Alfaraby saat merilis hasil surveinya di Jakarta, Minggu (2/2/2014) siang.

Dengan hasil survei ini, dia menyimpulkan, rezim Demokrat sudah berakhir. Demokrat yang sempat menghentak pada awal kemunculannya di 2004, dan menjadi partai penguasa di 2009, kini harus merosot ke angka dibawah 5 persen. "Rezim Demokrat yang berkuasa selama dua tahun, kini harus berakhir," lanjut dia.

Dia menjelaskan, tren suara demokrat yang turun tersebut mulai dirasakan sejak akhir 2011 lalu. Kasus korupsi yang membelit para petinggi partai demokrat seperti menjadi faktor utama turunnya suara demokrat. "Padahal pada 2009 lalu, kampanye yang membuat mereka sukses adalah kampanye anti korupsi. Bahkan tiga petinggi mereka menjadi bintang iklannya," ujarnya.

Dengan penurunan suara ini, Adjie memprediksi Demokrat akan sulit untuk kembali naik menjadi partai penguasa pada pemilu-pemilu selanjutnya. Pasalnya, perolehan suara demokrat merosot sangat tajam dan citranya di mata publik juga telah rusak.

Adjie menjelaskan, survei ini dilakukan pada 6 Januari hingga 16 Januari 2014. Jumlah responden adalah 1200 orang dengan margin of error 2,9 persen. Pengumpulan data dilakukan secara wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner.

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment