Wednesday, July 23, 2014

[media-jabar] Mencari Punggawa Penyiaran Lokal

 

Mencari Punggawa Penyiaran Lokal


Pengumuman hasil Pilpres oleh Komisi Pemilihan Umum pada 22 Juli 2014 sangat menyedot perhatian publik Indonesia. Pada hari yang sama, jauh dari riuh rendah liputan media, tengah berlangsung sesi wawancara untuk 26 calon komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) DKI Jakarta. Sesi ini adalah tahap akhir sebelum calon-calon punggawa penyiaran ini disaring dan diserahkan kepada DPRD DKI Jakarta untuk menjalani Uji Kepatutan dan Kelayakan.

"Nanti kami serahkan minimal 14 nama ke DPRD, termasuk (calon) petahana," kata Ketua Tim Seleksi Yasmine Zaki Shahab kepada remotivi.or.id melalui telepon.

Yasmine dan tim telah bekerja sejak Februari 2014. Ia dan empat nama lainnya dipilih oleh DPRD berdasarkan usulan nama yang diberikan komisioner KPID Jakarta yang sedang menjabat dan Dinas Kominfo. "Kami menyetor total 14 nama kepada DPRD," ujar Ketua KPID Jakarta Hamdani Masil.

Berdasarkan Pedoman Rekrutmen Komisi Penyiaran Indonesia Pasal 4 Ayat 4, komposisi tim seleksi wajib diisi oleh unsur tokoh masyarakat, akademisi, dan pemerintah provinsi. Selain Yasmine yang berlatar belakang Guru Besar Antropologi UI, empat anggota tim seleksi lainnya adalah Sunu Budiharjo (pengajar di Universitas Bina Nusantara), Made Suarjaya (Kominfo), Yoyo Muchtar (tokoh Betawi), dan Becky Mardani. "Becky itu dari industri (SCTV), tapi karena dia tokoh Betawi, maka kami posisikan juga sebagai tokoh masyarakat," ujar Hamdani.

Selain diikuti oleh 26 pelamar, proses pencarian komisioner KPID Jakarta ini juga diikuti oleh empat petahana, yakni Hamdani Masil, Ramli Darmo Sirait, Noor Saadah, dan Ervan Ismail. Tidak seperti pelamar lainnya, para petahana secara otomatis langsung masuk pada tahap akhir di DPRD. Sebelum menjabat sebagai komisioner KPID Jakarta, keempatnya pernah aktif sebagai pekerja media. Hamdani dan Noor Saadah berasal dari SCTV; Ramli pernah bekerja di RCTI, SCTV, dan Indosiar; dan Ervan adalah bekas wartawan di Republika dan pegawai humas di Radio Trijaya Group....


Baca selengkapnya >> www.remotivi.or.id
 

--
REMOTIVI
"Hidupkan Televisimu, Hidupkan Pikiranmu"
www.remotivi.or.idTwitter | Facebook


Remotivi adalah sebuah inisiatif warga untuk kerja pemantauan tayangan televisi di Indonesia. Cakupan kerjanya turut meliputi aktivitas pendidikan melek media dan advokasi yang bertujuan (1) mengembangkan tingkat kemelekmediaan masyarakat, (2) menumbuhkan, mengelola, dan merawat sikap kritis masyarakat terhadap televisi, dan (3) mendorong profesionalisme pekerja televisi untuk menghasilkan tayangan yang bermutu, sehat, dan mendidik.

__._,_.___

Posted by: Remotivi Remotivi <remotivi@ymail.com>
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)

Yahoo Groups
Did you know?
Accepting invites and joining Groups

Yahoo Groups
Control your view and sort preferences per Yahoo Group
You can now control your default Sort & View Preferences for Conversations, Photos and Files in the membership settings page.


.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment