Monday, July 21, 2014

[media-jabar] [Siaran Pers] Perempuan Tanpa Otonomi: Wajah Ideologi Dominan dalam Sinetron Ramadhan

 


Bulan Ramadhan telah membentuk tradisi baru dalam televisi kita. Keislaman jadi kedok yang dikenakan tiap tayangan yang disuguhkan. Berbagai macam cara pandang dikampanyekan dalam bingkai Islam.

Remotivi, bekerja sama dengan Komisi Anti-Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) mengadakan penelitian tentang bagaimana tayangan Ramadhan, khususnya sinetron Ramadhan, membingkai perempuan dengan justifikasi Islam.  Penelitian ini dipandu oleh tiga pertanyaan utama; 1.) pandangan Islam seperti apa yang diadopsi oleh stasiun televisi bersiaran nasional?, 2.) Apakah pluralitas wajah Islam terwadahi dalam muatan siaran televisi?, dan 3.) Bagaimana posisi perempuan dalam pandangan tersebut?

Penelitian ini mengambil sampel tujuh episode dari tiga sinetron Ramadhan yang ditayangkan oleh tiga stasiun televisi dalam periode 10-16 Juli 2013. Sinetron-sinetron tersebut adalah Anak-anak Manusia (RCTI), Para Pencari Tuhan (SCTV), dan Hanya Tuhanlah yang Tahu (Trans TV).

Baca selengkapnya ==> Remotivi.or.id

 
--
REMOTIVI
"Hidupkan Televisimu, Hidupkan Pikiranmu"
www.remotivi.or.idTwitter | Facebook


Remotivi adalah sebuah inisiatif warga untuk kerja pemantauan tayangan televisi di Indonesia. Cakupan kerjanya turut meliputi aktivitas pendidikan melek media dan advokasi yang bertujuan (1) mengembangkan tingkat kemelekmediaan masyarakat, (2) menumbuhkan, mengelola, dan merawat sikap kritis masyarakat terhadap televisi, dan (3) mendorong profesionalisme pekerja televisi untuk menghasilkan tayangan yang bermutu, sehat, dan mendidik.

__._,_.___

Posted by: Remotivi Remotivi <remotivi@ymail.com>
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)

Yahoo Groups
Improved Group Homepage!
The About page of your Group now gives you a heads up display of recent activity, including the latest photos and files

Yahoo Groups
Control your view and sort preferences per Yahoo Group
You can now control your default Sort & View Preferences for Conversations, Photos and Files in the membership settings page.


.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment