Friday, June 28, 2013

[media-jabar] Kinerja KPI di Mata Masyarakat

 

Kinerja KPI di Mata Masyarakat
Oleh: Indah Wulandari
Masa jabatan komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) periode 2010-2013 hampir usai. Pemilihan komisioner untuk periode berikutnya pun sedang berjalan. Sudah terdapat 27 nama yang lolos, yang pada 2-3 Juli 2013 nanti akan mengikuti ujian tahap terahir oleh Komisi I DPR RI untuk disaring menjadi hanya 9 nama. (Baca juga: "Pemilihan Komisioner KPI Tidak Transparan")
Di ujung masa jabatan ini, tentu terdapat ragam pendapat tentang kinerja KPI selama 3 tahun belakangan. Misalnya pendapat Luviana, seorang mantan pekerja TV yang juga aktif di Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta, "Masih banyak tayangan yang tidak berkualitas di TV kita." Hal ini, menurutnya, terjadi karena KPI belum maksimal menjalankan tugasnya.
Mengenai kualitas tayangan TV ini, komisioner Komisi Nasional Perlindungan (Komnas) Perempuan Andy Yentriyani juga punya pendapat. Menurutnya, masih ada jurang pengetahuan dan implementasi terutama mengenai posisi perempuan di televisi, sehingga eksploitasi perempuan belum bisa dihindari dalam tayangan TV. Hal senada juga diungkapkan Ketua Yayasan Pengembangan Media Anak (YPMA) Bobby Guntarto. Menurutnya, hal ini terjadi salah satunya karena KPI belum sepenuhnya menjalankan tugas dengan baik. "Semangat para komisioner tidak sama. Ada yang semangatnya tinggi, ada yg tidak terlalu terlihat (semangatnya)."
Walaupun masih banyak tayangan tidak mendidik yang disajikan TV kita, namun, menurut Guntarto, terlihat ada peningkatan pengawasan isi siaran. Hal ini, lanjutnya, dapat dilihat dari tersedianya tim pengawas isi siaran yang memantau 24 jam, sehingga pengawasan menjadi lebih ketat. Pun Andy mengamini hal tersebut. Menurutnya, "Upaya untuk memperbaiki tayangan selalu ada." Hal ini, ujar Andy, terungkap dari sikap KPI yang proaktif. "KPI juga pernah meminta pendapat Komnas Perempuan."
Baca selengkapnya >> remotivi.or.id
--
REMOTIVI
"Hidupkan Televisimu, Hidupkan Pikiranmu"
www.remotivi.or.idTwitter | Facebook


Remotivi adalah sebuah inisiatif warga untuk kerja pemantauan tayangan televisi di Indonesia. Cakupan kerjanya turut meliputi aktivitas pendidikan melek media dan advokasi yang bertujuan (1) mengembangkan tingkat kemelekmediaan masyarakat, (2) menumbuhkan, mengelola, dan merawat sikap kritis masyarakat terhadap televisi, dan (3) mendorong profesionalisme pekerja televisi untuk menghasilkan tayangan yang bermutu, sehat, dan mendidik.

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment