Banda Aceh (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Aceh terus berupaya menurunkan angka kemiskinan rata-rata dua persen per tahun agar mampu membawa masyarakat daerah ini melepaskan diri dari tangga kemiskinan.

"Dengan program yang dirancang setiap tahun, kami berharap tingkat kemiskinan di daerah kita akan menurun rata-rata dua persen per tahun," kata Gubernur Aceh Zaini Abdullah di Banda Aceh, Rabu malam.

Dalam sambutan tertulis dibacakan Sekdaprov Aceh Darmawan pada peresmian pusat pelayanan kesejahteraan sosial (Puspelkessos), gubernur menjelaskan data BPS menyebutkan bahwa tingkat kemiskinan d daerahnya berada pada level 17,7 persen.

Dengan program-program pemberdayaan dan penguatan ekonomi yang sudah dirancang maka diharapkan pada 2017 kemiskinan di provinsi kaya sumber daya alam itu akan menurun pada kisaran 12 hingga 13 persen.

"Program-program pemberdayaan dan pengentasan kemiskinan ini tersebar di sejumlah satuan kerja di seluruh pemerintahan, termasuk salah satunya di Dinas Sosial yang paling banyak menjalankan program bantuan sosial," katanya menambahkan.

Karena dinilai pentingnya peran Dinas Sosial maka setiap tahunnya dituntut agar instansi pemerintah tersebut menemukan inovasi baru guna membantu menyelesaikan persoalan sosial di daerah ini.

"Salah satu inovasi baru yang akan dilaksanakan Dinas Sosial tahun ini adalah mengembangkan sebuah model kelembagaan kesejahteraan sosial melalui pusat pelayanan kesejahteraan sosial (Puspelkessos) di tingkat kecamatan," kata gubernur menjelaskan.

Tujuan dibentuknya Puspelkessos antara lain untuk mendekatkan pelayanan kesejahteraan sosial kepada masyarakat di tingkat kecamatan, kemudian meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan kesejahteraan sosial.

Selanjutnya, menyediakan pelayanan kesejahteraan sosial yang terpadu, dan pelayanan rujukan untuk kebutuhan serta pelayanan atas permasalahan kesejahteraan sosial lanjutan, dan pelayanan sistem informasi kesejahteraan sosial di tingkat kecamatan.

"Saya menyambut baik kehadiran program ini, dan berharap Puspelkessos bisa berjalan efektif, agar program ini dapat mendukung program-program percepatan pembangunan lainnya, sehingga kita bisa mengentaskan kemiskinan yang mendera sebagian masyarakat kita," kata gubernur.

Untuk itu, Zaini Abdullah mengatakan semua pihak yang terkait di bidang ini, khususnya Dinas Sosial agar bekerja dengan baik dan harus bisa membuktikan bahwa Puspelkessos tidak sekadar ada, tapi benar-benar efektif sebagai salah satu pintu bagi masyarakat Aceh untuk keluar dari persoalan-persoalan sosial yang dialaminya. ***3***

(T.A042/B/T007/T007) 25-06-2014 23:19:07