Friday, July 5, 2013

[batavia-news] Harga Ayam Makin Mahal, Berapa Sekarang?

 

 
 

Harga Ayam Makin Mahal, Berapa Sekarang?

Sabtu, 06 Juli 2013, 02:09 WIB
Komentar : 0
jakarta.indonetwork.or.id
Ayam potong yang dijual di pasar (ilustrasi).
Ayam potong yang dijual di pasar (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG---Harga ayam potong di Kota Palembang mencapai Rp 40.000 per kilogram, atau semakin mahal dibandingkan biasanya hanya kisaran Rp 22.000 per kilogram, karena dampak dari tingginya biaya transportasi.

Sementara, pasokan ayam potong sebanyak 35.000 ekor per hari mayoritas didatangkan dari kabupaten di Sumatera Selatan, sehingga ketika terjadi kenaikan biaya transportasi berpengaruh langsung pada harga makanan sumber protein hewani itu, kata Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Palembang, Sudirman Tegoeh.

Menurut dia, dari sebanyak 35.000 ekor ayam per hari hanya 30 persen berasal dari peternakan warga Kota Palembang. Sedangkan 65 persen pasokan ayam berasal dari Kabupaten Banyuasin, Ogan Ilir dan Ogan Komering Ulu Timur.

Ia mengatakan, akibat naiknya biaya transportasi tersebut kini harga ayam di pasar-pasar tradisional Palembang mencapai Rp 40.000 per kilogram. Namun, pihaknya memastikan sampai kini stok ayam potong di Kota Palembang masih cukup meskipun harga tinggi.

Sementara itu, kebutuhan telur ayam warga Kota Palembang mencapai 39 ton per hari dengan pasokan dominan dari peternakan ayam petelur di Kota Palembang yang mencapai 60 persen. Dia menjelaskan, kenaikan harga telur ayam bukan hanya dipicu karena bertambahnya biaya transportasi, tetapi juga akibat dari mahalnya pakan ternak. Kenaikan pakan ternak tersebut tentu berdampak pada tingginya biaya produksi peternak di daerah itu.

Redaktur : Endah Hapsari
Sumber : Antara
Orang yang berpuasa akan menikmati dua kebahagiaan: bila ia berbuka puasa ia berbahagia, dan bila kelak ia berjumpa dengan Tuhan-nya iapun kembali berbahagia dengan puasanya.(Muttafaqun 'alaih)

 

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment