Tuesday, July 2, 2013

[media-jabar] SIARAN PERS Selasar Kids Program 2013 "RIUNG GUNUNG; Mari Reka Kota"; Minggu, 7 Juli 2013, Pk. 16.00 WIB; @Amphiteater & Bale Tonggoh-SSAS [1 Attachment]

 
[Attachment(s) from program SSAS included below]

Kepada Yth.

Redaktur Budaya

Di Tempat

 


Siaran Pers

 

 

Selasar Kids Program 2013:

“RIUNG GUNUNG; Mari Reka Kota”

Pameran Proyeksi Bandung 2035, Kota Impian Anak-anak

7 – 21 Juli 2013

(Berdasarkan program liburan yang dilaksanakan dari 2 - 7 Juli 2013)

Selasar Sunaryo Art Space

Jalan Bukit Pakar Timur 100 Bandung 40198

www.selasarsunaryo.com

 

 

Selasar Sunaryo Art Space (SSAS) bekerjasama dengan Sahabat Kota dan BCCF (Bandung Creative City Forum) dengan bangga mempersembahkan Pameran Proyeksi Bandung 2035, Kota Impian Anak-anak yang merupakan presentasi dari rangkaian program liburan anak-anak Riung Gunung: Mari Reka Kota.

 

 

Rincian kegiatan adalah sebagai berikut:

 

Pembukaan

Sabtu, 7 Juli 2013, Pukul 16.00 WIB s/d selesai

di Amphiteater Selasar Sunaryo Art Space

Menampilkan Dramatic Reading oleh anak-anak peserta program Riung Gunung

Dilanjutkan dengan Bandung 2035 City Tour oleh anak-anak di Bale Tonggoh, Selasar Sunaryo Art Space

 

Pameran

Kurator: Chabib Duta Hapsoro

7 – 21 Juli 2013

Bale Tonggoh, Selasar Sunaryo Art Space

 

 

Riung Gunung; Mari Reka Kota adalah sebuah gagasan untuk menampilkan suara warga kota yang dalam perencanaan kota masih jarang didengarkan, yaitu anak-anak, dalam bentuk miniatur kota Bandung impiannya di masa depan. Mengingat dalam 20 hingga 30 tahun ke depan kota ini akan dipimpin oleh anak-anak generasi masa sekarang, menjadi krusial bagi mereka untuk mengenal dan menjadi agen perubahan bagi kotanya.

 

Gagasan ini diimplementasikan dengan kegiatan liburan 6 hari yang dirancang oleh Sahabat Kota untuk anak usia 8 – 12 tahun yang terdiri atas kegiatan jelajah dan workshop yang diakhiri dengan pertunjukan dan pameran miniatur Kota Bandung impian anak.

 

Pada 3 hari pertama anak-anak akan diajak untuk menjelajahi sudut-sudut kota dan  mencatat peristiwa di baliknya untuk menanamkan kepekaan mereka terhadap isu perkotaan.  Lalu mereka akan diajak untuk bermimpi dan membuat visi tentang kotanya. Berdasarkan visi tersebut, mereka akan membuat miniatur kota impian mereka di tahun 2035, saat di mana mereka diproyeksikan akan menjadi para pemimpin bagi kotanya. Workshop ini merupakan salah satu bentuk partisipasi anak-anak dalam membangun kotanya.

 

Pameran Proyeksi Bandung 2035 diharapkan menjadi perhelatan yang inspiratif bagi warga kota pada umumnya dan warga Bandung pada khususnya, untuk menunjukkan sudut pandang baru dalam melihat kotanya.

 

Riung Gunung: Mari Reka Kota merupakan rangkaian program liburan tahunan Sahabat Kota yang tahun ini menjadi tajuk Selasar Kids Program tahun ini. Kegiatan workshop, pertunjukan dan pameran akan diselenggarakan di Bale Handap (workshop) dan Bale Tonggoh (workshop dan pameran), Selasar Sunaryo Art Space.

 

Riung Gunung juga menjadi salah satu pre-event dalam rangkaian program Design Action dari BCCF, yang merupakan konferensi internasional kedua dalam hal Design Thinking yang akan diadakan di bulan Oktober 2013.  Dalam acara Design Action, Riung Gunung  mengambil tema ‘Children as Co-Designer’.

 

Semoga rekan-rekan jurnalis berkenan untuk meliput dan menghadiri seluruh rangkaian kegiatan ini, mengingat pentingnya peran media massa dalam mewartakan kegiatan seni budaya di Indonesia.

 

Kami ucapkan terima kasih atas perhatiannya..

 

Salam hormat,

Selasar Sunaryo Art Space



Elaine V. B. K.

Program Manager

 

Selasar Sunaryo Art Space

Jl. Bukit Pakar Timur No.100

Bandung 40198

Telp     : +62 22 2507939

Fax      :  +62 22 2516508

email    : selasar@bdg.centrin.net.id


Tentang Sahabat Kota Summer Camp

Sahabat Kota Summer Camp merupakan skala luas dari program Kidsventure Club  (kegiatan jelajah kota untuk mengenal kota) dan ALUN ULIN (workshop berkarya dimana anak-anak dilibatkan menjadi Co Desainer) yang dikemas menjadi program liburan bagi adik-adik. Kegiatan Sahabat Kota Summer Camp ini dilakukan sekali dalam setahun, pada liburan kenaikan kelas yang berlangsung selama beberapa hari. Dengan adanya program ini adik-adik dapat mengisi liburannya dengan berbagai kegiatan seru yang edukatif.

www.kisahsahabatkota.wordpress.com

 

Tentang Selasar Kids Program

Selasar Kids Program merupakan wujud misi Selasar Sunaryo Art Space dalam pendidikan seni khususnya pada anak. Sejak pertama kali diselenggarakan tahun 2003, Selasar Kids Program berupaya memberikan wadah berekspresi dan bersosialisasi secara positif bagi anak di luar rumah sekaligus mengisi liburan sekolah. Media pendidikan yang diterapkan Selasar Kids Program berorientasi memberi kesempatan anak-anak untuk berkreasi, bereksplorasi dan menyampaikan gagasan dalam beragam bentuk ekspresi seni. Dengan kegiatan-kegiatan seperti pementasan dan workshop anak-anak tidak hanya mendapatkan pengalaman-pengalaman penciptaan karya seni melainkan juga berkesempatan untuk bersosialisasi dengan teman dan lingkungannya. 

www.selasarsunaryo.com

 

Tentang Design Action

Design Action adalah KonferensI Internasional kedua tentang Design Thinking. Konferensi pertama diadakan di Hasso-Plattner Institute of Design Thinking / d.school Postdam (Germany), dimana BCCF diundang untung berbagi tentang intervensi kreatifnya di Kota Bandung.  Design Action yang mengangkat teman Urban Mobility diawali dengan berbagi pre-event, seperti Angkot Day, Riung Gunung; Children as Co Designer, dan pre event lain, dengan tujuan memberikan solusi kreatif menyoal masalah mobilitas urban di Kota Bandung.

www.bccf-bdg.com

dabdg.bccf-bdg.com

 

__._,_.___

Attachment(s) from program SSAS

1 of 1 File(s)

Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic ()
Recent Activity:
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment