Tuesday, September 17, 2013

[batavia-news] Banyak Perusahaan Tolak Medical Check-Up Pekerja

 

 
Selasa, 17 September 2013 10:52 WIB

Banyak Perusahaan Tolak Medical Check-Up Pekerja

Fitri — HARIAN TERBIT
 

JAKARTA — Kepala Kantor Wilayah III, PT Jamsostek (Persero) DKI Jakarta,Nuraina mengatakan, pihaknya mengalami kesulitan memberikan tambahan manfaat seperti medical check-up pada pekerja karena masih banyak perusahaan menolak. Alasannya, kegiatan semacam ini, dianggap menganggu produktifitas pekerja.

"Ini kendala yang sering kita temukan di lapangan. Seperti beberapa waktu lalu,kita mau mengadakan medical check-up untuk pekerja di Astra Honda Motor, tidak mendapat restu dari perusahaan. Kalau kegiatan dimulai pagi hingga sore, berapa unit motor yang terhenti produksinya. Begitu kata pimpinan perusahaannya," ungkap Nuraina di sela kegiatan medical check-up sekitar 477 pekerja usia 40 tahun dari 3000 pekerja di PT Mustika Ratu, Senin (16/9).

Padahal, ungkap Nuraina kegiatan medical check-up sangat bermanfaat bagi pekerja untuk mengetahui kondisi dan riwayat penyakit mereka. "Jika pekerja sehat, produktifitas kerja juga meningkat dan akan memberikan keuntungan pada pekerja."

Selain itu, kata Nuraina, kesadaran perusahaan untuk taat aturan dengan tertib administrasi juga masih rendah. "Di Jakarta terdapat ribuan perusahaan dengan jutaan tenaga kerja.Masih banyak perusahaan melaporkan gaji dan jumlah pekerja tidak sesuai dengan sebenarnya."

Menurutnya, ini sangat merugikan pekerja. Betapa tidak, dengan program Jaminan Kecelakaan Kerja 48 kali gaji, jika upah Rp5 juta hanya dilaporkan di hanya Rp1 juta, tentu dapatnya sangat minim.

Untuk itu, kata Nuraina, dengan menggencarkan pemberian banyak manfaat baik melalui layanan medical check-up, layanan cuci darah 3 kali, biaya pengobatan jantung Rp80 juta, kanker Rp20 juta dan HIV Aids sebesar Rp20 juta,akan semakin membuka mata pengusaha betapa besarnya manfaat menjadi peserta jamsostek.

Menyinggung tentang target pencapaian kepesertaan,menurut Nuraina, hingga Juli,masih sekitar 37 persen. Dari 2 juta kepesertaan yang ditargetkan, hingga Juli 2013 baru tercapai 700 peserta aktif. Rata-rata tambahan peserta per tahun hanya sekitar 125 ribu dari 600 ribu pekerja yang keluar karena pensiun dan lainnya.

Editor — Maghfur Ghazali

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment