Wednesday, April 30, 2014

[batavia-news] 16 Caleg Artis Gagal Jadi Anggota DPR

 

 
 
 

16 Caleg Artis Gagal Jadi Anggota DPR

CalegBERKAS: Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat (kanan) menerima berkas dari PPK saat Sidang Pleno Rekapitulasi Perhitungan Perolehan Suara Pileg 2014 di Aula KPU Jabar, Bandung, Kamis (25/4).
Sabtu, 26 April 2014

BANDUNG-Popularitas yang cukup baik di masyarakat tidak menjamin calon anggota legislatif lolos sebagai wakil rakyat. Inilah yang terjadi pada sejumlah caleg artis dan ternama asal daerah pemilihan Jawa Barat pada Pileg 9 April lalu.

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara tingkat nasional di Jabar yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Jabar, 22-24 April, sejumlah caleg artis dan ternama diprediksi kalah bersaing dengan politisi "sesungguhnya". Di dapil Jabar I yang meliputi Kota Bandung dan Cimahi, aktor Sandy Nayoan (PKB) dan mantan juara dunia bulu tangkis, Ricky Subagja (NasDem), harus rela melepaskan impiannya menjadi legislator.

Sedangkan penyanyi senior, Ikang Fawzi (PAN) dan Andre Heha nusa (Hanura), gagal bersaing di dapil Jabar II yang meliputi Kabupaten Bandung dan Bandung Barat. Caleg artis pun banyak yang bertumbangan di dapil Jabar III yang meliputi Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor.

Nama-nama seperti Ressa Herla m bang (PKB), Melly Manuhutu dan Inke Maris (NasDem), serta Henidar Amroe (PAN) diprediksi gagal menjadi wakil rakyat. Tidak hanya itu, nama-nama beken seperti Yessy Goesman(PDIP), Donny Damara (NasDem), Ratih Sanggarwati (PPP), Derry Drajat (Gerindra), dan Liza Natalia (PAN) pun diprediksi gagal.

Bahkan, artis yang pada periode sebelumnya lolos menjadi anggota parlemen, kini hanya bisa gigit jari meratapi kegagalannya. Me reka ialah Inggrid Kansil (Demokrat), Nurul Arifin dan Teti Kadi, keduanya merupakan anggota DPR RI periode 2009-2014 dari Partai Golkar. Namun, di antara banyaknya artis yang gagal pada Pileg 2014 ini, terdapat juga nama-nama beken asal dapil Jabar yang diprediksi kembali sukses melenggang ke Senayan.

Mereka ialah Rieke Diah Pitaloka (PDIP), Rachel Maryam (Gerindra), dan Primus Yustisio (PAN). Selain itu, terdapat juga dua artis yang untuk pertama kalinya akan dilantik sebagai wakil rakyat, yakni Junico BP Siahaan (PDIP), dan Oni S (caleg DPD). Selain caleg artis, sejumlah politisi beken juga gagal melenggang ke Senayan.

Pada dapil I Jabar yang meliputi Kota Bandung dan Cimahi, terdapat nama seperti mantan Walikota Cimahi Itoch Tochija (38.517 suara), Fungsionaris DPP Golkar, Happy Bone (24.049 suara), dan Anggota DPR RI periode 2009- 2014 Arif Minardi (21.639 suara) yang gagal dilantik menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019 ini. Di dapil yang memiliki jatah tujuh kursi DPR RI itu, mereka kalah bersaing dengan pendatang baru seperti Junico BP Siahaan asal PDIP (64.980 suara),

Sodik Mujahid dari Partai Gerindra (41.801 suara), dan Arief Suditomo asal Partai Hanura (24.649 suara). Di dapil Jabar II yang meliputi Kabupaten Bandung dan Bandung Barat, dua caleg petahana diprediksi akan tumbang, yakni Ajeng Ratna Suminar, dan Roestanto Wahidi yang keduanya berasal dari Partai Demokrat.

Keduanya kalah bersaing dengan Cucun Ahmad Syamsul Rijal (PKB), Mamur Hasanudin (PKS), Yadi Sri Mulyadi dan Jalaludin Rakhmat (PDIP), Agus Gumiwang dan Lili Asyudiredja (Golkar), Rachel Maryam (Gerindra), Ahmad Najib (PAN), Dadang Rusdiana (Hanura), dan Dede Yusuf (Demokrat) yang diprediksi akan lolos ke Senayan.

Di dapil lain, terdapat juga caleg petahana yang diprediksi tidak akan lolos ke gedung kura-kura itu, yakni Inggrid Kansil (Demokrat, dapil Jabar IV), Arief Budimanta (PDIP, dapil Jabar III), Max Sopacua (Demokrat, dapil Jabar V), Nurul Arifin (Golkar, dapil Jabar VII), Tetti Kadi (Golkar, dapil Jabar VIII), dan Didi Irawadi Syam sudin (Demokrat, dapil Jabar XI).

Selain itu, mantan Menteri Kehutanan pada Kabinet Indonesia Bersatu jilid I, MS Kaban, dan mantan Sekretaris Jenderal DPR RI Nining Indra Shaleh pun diprediksi gagal ke Senayan. Kaban kalah bersaing dengan namanama seperti TB Soemandjaya (PKS), Adian Napitupulu (PDIP), Fadly Zon (Gerindra), dan Primus Yustisio (PAN) yang diprediksi akan lolos dari dapil Jabar V. (agp/jpnn)

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)

http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment