Saturday, August 31, 2013

[batavia-news] BI: Ekonomi Indonesia Makin Tertekan + Defisit Transaksi Berjalan Akan Berlanjut Hingga 2014

 

 

BI: Ekonomi Indonesia Makin Tertekan

  • Penulis :
  • Didik Purwanto
  • Kamis, 29 Agustus 2013 | 16:45 WIB
 

JAKARTA, KOMPAS.com — Bank Indonesia (BI) akhirnya memutuskan untuk menaikkan kembali suku bunga acuannya (BI Rate) sebesar 50 bps ke level 7 persen. Kebijakan ini untuk mengantisipasi inflasi, nilai tukar rupiah, dan defisit transaksi berjalan.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, sikap tersebut diambil untuk menyikapi cepatnya dinamika perubahan perekonomian global dan nasional akhir-akhir ini. Keputusan tersebut diambil pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulanan tambahan untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap kondisi makroekonomi, moneter, dan sistem keuangan terkini.

"Dalam beberapa waktu terakhir, ekonomi Indonesia mengalami tekanan dengan intensitas yang semakin tinggi, seiring dengan meningkatnya ketidakpastian ekonomi global serta masih tingginya ekspektasi inflasi dan persepsi terhadap kesinambungan transaksi berjalan," kata Agus dalam siaran pers di Jakarta, Kamis (29/8/2013).

Adapun faktor-faktor yang menjadi pertimbangan menaikkan suku bunga acuan itu antara lain dampak pengurangan secara bertahap stimulus moneter oleh The Fed, yang menekan pasar keuangan di negara berkembang.

Faktor lainnya adalah neraca pembayaran Indonesia (NPI) yang defisit, serta inflasi tahunan yang diperkirakan masih tinggi.

Tekanan pelemahan nilai tukar rupiah juga masih berlanjut, baik karena tekanan pasar keuangan global sebagaimana terjadi pada hampir semua pasar negara berkembang, maupun karena faktor domestik yang terutama terkait dengan tingginya defisit transaksi berjalan dan inflasi.

Pertimbangan selanjutnya adalah aktivitas perekonomian yang menunjukkan perlambatan.
Editor : Bambang Priyo Jatmiko '
 
Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Rupiah dan Bursa Terpuruk
 
 
 
++++
 

Defisit Transaksi Berjalan Akan Berlanjut Hingga 2014

  • Penulis :
  • Didik Purwanto
  • Jumat, 30 Agustus 2013 | 20:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Defisit transaksi berjalan kemungkinan masih akan berlanjut hingga tahun depan, meskipun nilainya diperkirakan akan terus menurun.

"Saya kira masih bisa (berlanjut) hingga tahun depan, tapi akan terus menurun," kata Menteri Keuangan Chatib Basri, Jumat (30/8/2013).

Chatib menilai penyelesaian masalah ini bukanlah perkara gampang dan cepat. Sebab, masalah defisit selisih antara perdagangan ekspor dan impor ditambah selisih perdagangan jasa ini sudah berlangsung selama 7 kuartal berturut-turut. Artinya, defisit ini sudah berjalan hampir 2 tahun.

"Jadi yang kita bisa lakukan paling realistis tahap pertama adalah pertumbuhannya melambat. Sehingga defisitnya bisa melambat, pelan-pelan itu baru bisa diatasi," jelasnya.

Oleh karena itu, pemerintah membuat segala paket kebijakan, baik untuk kebijakan yang akan berimbas dalam jangka pendek maupun kebijakan yang berimbas dalam jangka panjang.

Chatib mencontohkan kebijakan memproduksi bahan baku dan bahan modal bisa dilakukan di dalam negeri. "Sehingga impornya akan berkurang," jelasnya.

Menurutnya, memang dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi akan selalu diimbangi dengan impor barang modal dan bahan baku yang tinggi. Namun dengan defisit dan dollar AS yang menguat, impor akan sedikit tertekan dan hal ini dianggap bagus.

"Jadi solusinya adalah bahan baku dan barang modalnya harus dibuat di sini. Nah, dia kalau harus mulai dibikin di sini, itu Anda harus bikin pabriknya, kalau orang mau bikin pabriknya, harus dikasih insentif. Tapi kan bikin pabrik cukup lama. Jadi kita harus realistis menaruh itu dalam jangka menengah panjang," jelas Chatib.
Editor : Bambang Priyo Jatmiko

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment