Thursday, August 1, 2013

[batavia-news] Indonesia Tidak Akan Jadi Negara Maju jika...

 

res:  Apakah waktu menduduki jabatan yang dipimpim oleh doktor berbintang jenderal TNI  tidak  dipikirkan dan diambil langkah-langkah untuk merubah keadaannya. Kalau begitu sengaja diucapkan berhubung tahun depan bisa dipilih lagi menduduki kursi empuk.
 
 

Indonesia Tidak Akan Jadi Negara Maju jika...

  • Penulis :
  • Didik Purwanto
  • Rabu, 31 Juli 2013 | 19:41 WIB
Menko Perekonomian Hatta Rajasa | KOMPAS/HERU SRI KUMORO

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perekonomian Hatta Rajasa menganggap Indonesia ke depan masih berpotensi untuk menjadi negara maju. Namun, semuanya bisa gagal jika Indonesia tidak mampu menghentikan ekspor bahan mentah.

"Stop ekspor barang mentah. Bangsa ini tidak akan pernah maju karena dapat devisa dari menjual bahan mentah," kata Hatta saat ditemui di Hotel Cempaka Jakarta, Rabu (31/7/2013).

Hatta menegaskan, untuk bisa membangun masa depan, pemerintah harus fokus menata sumber energinya, termasuk sumber daya alam yang dimiliki di semua wilayah di Indonesia. Untuk itu, Indonesia perlu kedaulatan untuk menata sumber daya alam.

Hatta mengaku bahwa para duta besar negara sahabat langsung mendatanginya dan memprotes tindakan serta kebijakan Hatta setelah ia mengumumkan kebijakan itu. "Kalau begini berarti kemudian industri kami mati semua," kata Hatta mengutip pernyataan duta besar tersebut.

Meski dikecam, Hatta mengaku tidak gentar dan menganggap bahwa Indonesia juga ingin menjadi negara maju dengan cara membangun industrialisasi dari mineral yang terkandung di dalam tanah Indonesia.

Di sisi lain, Hatta juga ingin semua industri menerapkan hilirisasi sehingga industri tidak menjual barang mentahnya ke luar negeri tanpa nilai tambah apa pun.

Sekadar catatan, meski menjadi negara pengekspor beberapa komoditas (batu bara, nikel, dan sejumlah mineral lainnya), Indonesia juga masih mengimpor sejumlah kebutuhan, misalnya bahan bakar minyak (BBM), daging, bahkan bawang putih.

Hatta ingin agar kebijakan menjaga kelangsungan sumber daya alam (SDA) tersebut bisa diteruskan, apalagi untuk persiapan anak cucu di masa mendatang.
 
 
Editor : Bambang Priyo Jatmiko

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment