Saturday, June 7, 2014

[batavia-news] Pertarungan rakyat vs elite politik

 

res : Apakah Jokowi-JK tidak termasuk elit politik?
 
 
Saturday, 07 June 2014 16:02    PDF Print E-mail
Pertarungan rakyat vs elite politik
Warta
WASPADA ONLINE

(Istimewa)

JAKARTA - Anggota Tim Pengarah Tim Pemenangan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) menyatakan bahwa pertarungan di Pilpres 2014 adalah pertarungan elite kekuasaan versus rakyat, pertarungan antara yang besar melawan yang kecil.

Karena itu, rakyat harus bersatu dan berani melawan segala potensi kecurangan di pilpres yang digerakkan oleh elite kekuasaan.

join_facebookjoin_twitter

"Kita harus menyadari, 'perang' zaman ini 'perang' asimetrik yang tak seimbang. Tapi yang kecil bisa menang, yang tidak punya duit bisa menang. Karena modal kita adalah semangat," kata Hendropriyono dalam acara konsolidasi organisasi relawan Kawan Jokowi, di Jakarta, hari ini.

Dari gejala dan prediksi yang ada, kecurangan itu bisa terlihat dan semakin menguat. Salah satu indikasinya adalah informasi soal pengerahan Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang mendatangi kampung-kampung, mendata sesuatu yang sebenarnya bukan urusan mereka. Masyarakat harus aktif menyelidiki, mengawasi, serta mencegahnya.

Menurut dia, masyarakat tak boleh puas dengan pernyataan-pernyataan yang berusaha meredam situasi, yang dia sebut sebagai 'kata-kata penghiburan'. Yang dia maksud adalah pernyataan dari Presiden SBY, Panglima TNI, maupun KSAD, yang hanya menyampaikan norma-norma biasa semacam bahwa TNI akan netral.

"Itu hanya menghibur kita, tapi tak memecahkan masalah. Kalau mau memecahkan masalah, tunjukkan siapa yang berbuat itu, dimana, bagaimana, dan mengapa," tegas Hendropriyono.

"Apabila ditemukan ada orang atau aparat tertentu yang melakukan pencatatan, ambil gambarnya lalu cek identitas orang tersebut. Jadi kita tak hanya melapor ke polisi. Kita harus gagah berani menunjukkan bukti kecurangan," lanjutnya.

Di acara yang sama, Ketua Tim Pemenangan Jokowi-JK, Tjahjo Kumolo, menambahkan kasus Babinsa harus menjadi momentum bahwa masyarakat tak lagi bisa berdiam diri melihat potensi curangnya elite kekuasan.

"Kita harus bisa mengorganisir diri, menggerakkan masyarakat, lingkungan, teman-teman di komunitas kita masing-masing. Semua harus bergerak," tegas Tjahjo.

Tjahjo menambahkan, musuh saat ini adalah kecurangan dan elite kekuasaan yang mengontrolnya. Apabila ada oknum masyarakat yang mengaku-aku tentara atau polisi diharapkan masyarakat proaktif mempertanyakan identitas sebenarnya.

"Kalau tak mau menyerahkan identitas, teriak maling atau rampok. Karena mereka memang maling dan rampok demokrasi. Kita harus berani berbuat begitu," kata Tjahjo.

Dia juga menyerukan kepada seluruh aparat negara terkait seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk berbuat netral. Teknologi informasi yang digunakan saat proses perhitungan suara pilpres juga harus transparan.

"Dan mulai presiden sampai babinsa harus diperintahkan untuk netral. Saya harap Pak SBY netral, walau ada berita Partai Demokrat sudah mendukung pasangan nomor 1, tapi Pak SBY tetap netral. Presiden harus berani menunjukkan bahwa pilpres di eranya harus sukses, jujur, dan demokratis. Polsek hingga Kapolri pun harus netral," jelasnya.

Dia melanjutkan bahwa Jokowi adalah calon pemimpin yang memang diinginkan mayoritas rakyat Indonesia. Indikasi terhadap hal itu sudah banyak. Yang terbaru adalah dibukanya rekening gotong royong Jokowi-JK dalam waktu seminggu lebih sudah menghasilkan puluhan miliar rupiah.

"Makanya Jokowi tak kita poles-poles, tapi tetap apa adanya. Dia bisa dan hanya ingin bekerja serta melayani, berjabat tangan, dan mendengarkan aspirasi seluruh masyarakat," kata Tjahjo.

__._,_.___

Posted by: "Sunny" <ambon@tele2.se>
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment