Monday, February 25, 2013

56 Kabupaten Di Oklahoma, AS, Terancam Topan Musim Dingin

Negara Bagian Oklahoma, AS, mengumumkan keadaan darurat buat 56 kabupaten akibat topan musim dingin dan cuaca buruk.
Penjabat Gubernur Todd Lamb, atas permintaan Gubernur Mary Fallin, mengeluarkan instruksi eksekutif yang memungkinkan lembaga negara melakukan pembelian darurat yang berkaitan dengan bantuan bencana dan persiapan, kata satu laporan di jejaring berita newson6.com.
"Topan musim dingin sudah mengakibatkan kondisi berbahaya bagi perjalanan di Oklahoma barat-laut serta temperatur di bawah titik beku," kata Lamb. Ia mendesak warga Oklahoma di daerah yang terkenal dampak "agar melakukan tindakan pencegahan topan musim dingin dan menjauhi jalanan kecuali perjalanan benar-benar perlu".
Topan kuat musim dingin dengan disertai badai salju bergerak memasuki negara bagian tersebut pada Senin pagi, sehingga memicu penutupan semua jalan bebas hambatan di Panhandle Oklahoma, tempat angin kencang dan salju tebal telah menciptakan pemandangan putih tebal.
Badai salju mulai turun di bagian tengah Amerika Serikat pada Senin, dan membawa angin berkekuatan badai ke Panhandle Teksas, demikian laporan Xinhua --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Selasa pagi. Kondisi itu memaksa ditutupnya jalan bebas hambatan di Teksas dan Oklahoma, dan di beberapa bagian yang tertutup salju di Kansas diberlakukan siaga tinggi.
Bandar udara di Panhandle Teksas dilaporkan ditutup dan satuan Garda Nasional dikerahkan untuk membantu pengemudi yang terjebak saat topan musim dingin membuat sebagian wilayah tersebut tertutup salju setinggi satu kaki.
Di Panhandle Teksas, terpaan angin sampai 65 mil per jam dan salju tebal telah membuat semua jalan tak bisa dilalui dan menciptakan pemandangan putih. Personel paramiliter di negara bagian itu tak bisa menanggapi permohonan bantuan.
Pemerintah telah menutup Interstate 40 dari New Mexico ke Oklahoma, dan beberapa bagian Interstate 27 antara Amarillo dan Lubbock

No comments:

Post a Comment