Wednesday, July 17, 2013

[batavia-news] Fw: Papa Genk. PERINGATAN! Gambar mengenaskan. Gajah di Bantai !

 

Rekan-rekan, 

Mohon dukung dan isi petisi ini supaya tidak lagi ada pembantaian terhadap
Komunitas Gajah di Indonesia.



Salam,


Firdaus Juven
0818692956
----- Forwarded Message -----
From: "Usman Hamid, Change.org Indonesia" <mail@change.org>
To: bimagroup@yahoo.com
Sent: Wednesday, July 17, 2013 3:06 PM
Subject: Papa Genk. PERINGATAN! Gambar mengenaskan.

 
change.org
FX Lumanto --

Di bawah ini adalah sebuah petisi yang mungkin Anda tertarik untuk dukung.
PERINGATAN! Gambar mengenaskan. Untuk dukung Aulia, Paraf dan Sebar petisi
Paraf Petisi
Dimulai oleh: Aulia, Banda Aceh, Aceh
Awalnya saya yang juga admin twitter @iloveacehrayeuk hanya melihat mentionan follower akun yang tiba-tiba ada yang mengatakan kalau seekor gajah (Papa Genk) di sampoiniet mati. Saat itu pula saya langsung menghubungi tim ranger disana.
Sabtu malam, kita mendapat kabar dari salah seorang tim ranger CRU Sampoiniet, Calang, Aceh Jaya, Bahwa seekor Gajah yang bernama "Si Geng" mati di bantai oleh orang tak dikenal di Desa Ranto Sabon, Sampoiniet Aceh Jaya.
Setelah menyatakan kebenaran tentang berita matinya gajah tanpa gading itu benar. Akhirnya saya memutuskan untuk meninjau langsung ke lokasi di bunuh dan dibantainya Gajah tersebut.
Minggu (14/ 7) sekitar pukul 8 pagi saya sampai di Conservation Response Unit (CRU) Sampoiniet, Calang, Aceh Jaya.
Setelah melepas kerinduan dengan Ibu Suci (Gajah yang merupakan Istri dari Si genk) dan Baby Rosa (Anak gajah dari si genk) yang mana keduanya sedikit pendiam akibat kejadian yang menimpa si genk.
Hasil pantauan saya, sempat terlihat air mata yang keluar dari gajah ibu Suci dan baby Rosa. Namun, kedatangan kami disini semoga dapat menghibur kedua gajah tersebut.
Setelah beristirahat sebentar, akhirnya kami dibantu oleh tim ranger CRU mencoba langsung ke lokasi gajah yang mati tersebut. Untuk sampai ke lokasi kejadian kita harus berjalan kaki ± sekitar 2 km atau 30 menitan. Dengan melewati perkebunan warga dan jalan setapak yang dipenuhi semak belukar.
Lokasi gajah mati berada di Desa Ranto Sabon, Sampoiniet Aceh Jaya. Ketika dalam perjalanan ke lokasi gajah mati, kami semua juga sempat melihat sebuah perangkap yang baru dibuat oleh pelaku. Perangkap "Inosoeh" bagi sebagian orang di calang menyebutkan. (terbuat dari batang kelapa dengan ujungnya besi runcing lalu ditancapkan dari atas pohon pinang mengarah ke bawah)
Akhirnya tak lama berselang, saya pun mulai mencium bau tak sedap dari gajah mati tersebut. Padahal jaraknya, belum terlalu dekat dengan lokasi Tkp. Mungkin karena sudah 2 hari (Minggu, 14 Juli) gajah tersebut mati, jadi sudah mengeluarkan bau yang sangat menyengat.
Lokasi Gajah mati tepat di pinggir sungai dan masih berada di area perkebunan warga, meskipun notabennya berada didalam hutan.
Saat saya tersentak dengan kondisi si genk yang mati dibunuh dan dibantai oleh pelaku. Terlihat ada 3 botol air mineral dan sandal milik para pelaku pembantai gajah dan pencurian gading gajah.
Kondisi saat saya melihat kemarin (14/7) terlihat belalai gajah yang sudah dipotong oleh pelaku dan batok kepala gajah sudah di keluarkan untuk mengambil gadingnya.
Sangat jelas terlihat juga gajah mati karena di tumbangkan pertama dengan mengunakan perangkap ranjau. Setelah gajah jatuh akibat tidak bisa bergerak, maka saat itu pula para pelaku membantai gajah untuk diambil gadingnya.
Menurut info warga, besar kemungkinan pelakunya adalah warga di desa tersebut. Namun, tim ranger dibantu oleh polsek setempat akan terus mengejar pelaku.
Namun, saya kira itu bukan cuma tugas meraka. Kita semua juga harus membantu semaksimal mungkin agar pembunuhan dan pembantaian gajah untuk diambil gading dihentikan.
Karena harga gading gajah, utk 1kg nya paling murah 2,5 juta. Paling murah! Kalo skrg perkiraan harga bisa sampai 5-10 juta/kg.
Sedangkan gading gajah "Si Genk" ada sekitar 25 kg beratnya. Bayangkan saja, berapa uang kalau harga 5-10 juta/kg utk gadingnya.
Contoh, 25 kg x 5 juta/kg = 125 Juta atau 25 kg x 10 juta/kg = 250 Juta. Siapa yg tdk berminat? Gilak!!!! #RIPPapaGenk
*Kalo ada yg blg gajah di bunuh karna menganggu warga, Bantah!!! Gajah ga ganggu warga, tapi warga yg buat dia merasa ga nyaman.
"Dimohon bagi bapak Presiden, kementerian kehutanan, Polda Aceh, dan lainnya agar dapat mengusut tuntas tentang kejadian Gajah mati tanpa gadingnya. Jangan sampai kasus seperti ini terus saja terjadi dari tahun ke tahun. Berikan sosialisasi tentang gajah kepada masyarakat dan awasi selalu terhadap masyarakat yang membukan lahan perkebunan di area hutan hidung. Apalagi yang ditanam itu adalah kelapa sawit, coklat dll yang nobabennya adalah sebagian makanan gajah. "Gajah Mati Tanpa Gading, Sebuah Ironi Yang Terjadi Dalam Realita Hidup di Hutan Aceh".
Anda juga bisa lihat petisi Change.org lainnya di sini.
Aulia Ferizal, yang menggagas petisi ini, tidak terafiliasi dengan Change.org. Change.org tidak menciptakan dan bertanggung jawab atas konten petisi.



__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment