Monday, March 17, 2014

[batavia-news] Kunci Tinggalkan Kemiskinan

 

res : Pemekaran-pemekaran daerah dilakukan tetapi kehidupan rakyat tidak mekar, kecuali penguasa saja yang mekar hidup gilang gemilang! Pemilihan Umum ialah rebutan kursi rejeki, status quo bagi daerah-daerah tertinggal.
 
 

KemiskinanWacana pemekaran Kabupaten Kepulauan Gorom, Watubela Teor, Kesuy (GORWATAK) lepas dari kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) mendapat  tanggapan yang beragam dari berbagai kalangan masyarakat. Ada yang menilai rencana ini sebagai isu yang positif dan adapula yang menganggap rencana pemekaran ini sarat kepentingan politik menjelang pemilihan legislatif 2014 dan pemilihan bupati 2015 mendatang.

Tokoh pemuda Wakate, Abdul Gafar Wara-Wara menilai rencana pemekaran dua wilayah tersebut merupakan momentum positif untuk meningkatkan kesejateraan masyarakat Gorom dan Wakate. "Kalau rencana ini benar-benar terbukti itu hal sangat bagus dan kita itu harus mendukung rencana tersebut," kata dia.

Tujuan dari pemekaran suatu wilayah adalah memperpendek rentang kendali pelayanan pemerintahan dan untuk itu masyarakat harus mendukungnya. Rencana Pembentukan Kabupaten Kepulauan Gorwatak, lanjut Gafar, akan mendekatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat dan mempercepat pembangunan disana.

Menurut dia, pemekaran suatu wilayah disertai keharusan membangun berbagai sarana penunjang pemerintahan, perekonomian, dan kemasyarakatan. "Dengan demikian, keterisolasian Gorom-Wakate bisa dibuka dengan lebih mudah," pungkasnya.

Menurutnya semenjak terbentuknya Kabupaten SBT 10 tahun lalu hingga saat ini pembangunan di Gorom-Wakate tidak menunjukan perkembangan baik. Dia berharap semua lapisan masyarakat Gorom-Wakate untuk mendukung pemekaran Kabupaten Kepulauan Gorwatak agar kue pembangunan yang diberikan pemerintah pusat berupa dana alokasi khusus (DAK) dan dana alokasi umum (DAU) bisa dirasakan dengan maksimal.

Ditambahkan, Gorom-wakate juga berpotensi menjadi sentral pelabuhan pelayaran antara Ambon-Tual-Papua-Papua Barat. "letak geografis Gorom-Wakate berada diantara empat wilayah tersebut untuk itu kalau sudah menjadi kabupaten sendiri maka harus dibangun pelabuhan yang cukup besar untuk bisa disinggahi kapal-kapal yang berukuran besar dan ini juga merupakan salah satu sektor yang bisa menghasilkan PAD," katanya.(CR7)

 

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment