Tuesday, June 4, 2013

[batavia-news] 5 Kebohongan pemerintah di balik kenaikan harga BBM

 

 
 
5 Kebohongan pemerintah di balik kenaikan harga BBM
Nasional | Senin, 03 Juni 2013 | 10:01    Dibaca 85 kali    Komentar 1
Oleh : MN3, manadonews.com
 

Rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi dan pemberian kompensasi kepada rakyat kecil mendapat kritikan dari Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA). FITRA memandang banyak kebohongan yang tidak diucapkan pemerintah kepada rakyat dibalik rencana kenaikan harga BBM. Kenaikan harga BBM disebut hanya proyek sebagian elit menyusupkan program kepentingan partai politik jelang pemilu 2014.

Sekretaris Jenderal FITRA Yuna Farhan mengatakan salah satu kebohongan pemerintah dalam menaikkan BBM subsidi adalah mengenai penghematan yang mencapai Rp 30 triliun. Namun menurut Farhan, penghematan Rp 30 triliun tersebut hanya akal-akalan pemerintah untuk mengelabui rakyat. Faktanya, dalam data FITRA, alih-alih mengurangi alokasi belanja subsidi, subsidi yang diajukan pemerintah dalam Rancangan Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2013 justru membengkak sebesar Rp 16,1 triliun.

Selain itu, Farhan juga menuding pemerintah dalam rencana penyesuaian harga BBM subsidi ini hanya akan menjadi ajang tawar-menawar antar partai politik di DPR. Hal ini diindikasikan dari keputusan pemerintah yang ingin membahas ini bersama DPR dengan dalih meminta izin pemberian kompensasi. Padahal pemerintah sudah punya hak penuh untuk menaikkan harga BBM jika subsidi sudah membahayakan anggaran.

Berangkat dari kebohongan pemerintah ini, FITRA akan menyurati DPR agar menolak pembahasan RAPBN-P 2013 yang diajukan oleh pemerintah. Serta FITRA minta agar mengembalikan diskresi penyesuaian harga BBM kepada pemerintah.

"RAPBN-P sarat kepentingan politik menjelang pemilu 2014, kita akan menyurati DPR walaupun ini terlambat tapi masih memungkinkan," ucap Farhan dalam konfrensi pers di Sekretariat Nasional FITRA, Jakarta, Minggu (2/6).

Menurut FITRA yang berkantor di Mampang ini, ternyata pemerintah tidak hanya bohong masalah kenaikan harga demi penghematan. Berikut daftar 5 akal-akalan pemerintah dalam mengelabui rakyat soal kebijakan BBM versi FITRA seperti dirangkum merdeka.com. (merdeka)

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment