Thursday, June 13, 2013

[batavia-news] Kemnakertrans, BNP2TKI, dan Kementerian Agama Sumber Utama Masalah TKI

 

 
 

[JAKARTA] Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Kemnakertrans), BNP2TKI, dan Kementerian Agama, adalah sumber masalah sehingga terjadi overstay atau melebihi masa tinggal tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri.

Kalau ketiga lembaga itu bekerja serius, memantau perkembangan TKI di luar negeri, terutama masa kerja mereka, maka tidak akan mungkin terjadi overstay seperti ini.

"Tetapi karena ketiga lembaga itu tidak bekerja, maka hasilnya seperti ini. Ribuan TKI bermasalah di luar negeri. Mereka tidak bisa kembali atau bekerja lagi di tempat lain. Semuanya karena ketidakbecusan pemerintah, terutama tiga  lembaga negara itu," kata Direktur Migrant Care, Anis Hidayah dalam diskusi di Press Room DPR RI, Jakarta, Kamis (13/6).

Hadir sebagai pembicara Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Irgan Chairil Mahfidz dan Anggota Komisi IX DPR RI Rieke Diah Pitaloka.

Anis menjelaskan, berdasarkan data Kementerian Luar Negeri (Kemlu), jumlah TKI yang bekerja di Arab Saudi pada 2005-2010  sebanyak 123. 486 orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 71 persen adalah TKI dan sisanya 28 persen adalah umroh. Di Arab Saudi, kata dia,  buruh migran hanya dikontrak dua tahun, setelah itu diperpanjang atau dikembalikan ke Indonesia. Ada majikan yang sengaja menahan para TKI itu, tetapi tidak mengurus surat-surat perpanjangan kerja.

"Di sinilah peran Kemnakertrans, BNP2TKI, dan Kementerian Agama untuk mengatur kapan mereka kembali dan kapan mereka bekerja lagi," katanya.

Sementara itu, keterlibatan Kementerian Agama karena data 28 persen TKI hasil umroh ada di mereka.

"Kalau Kementerian Agama bekerja memperhatikan hal ini, maka tidak akan terjadi overstay," katanya. [L-8] 

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment