Thursday, June 13, 2013

[media-jabar] AJI Prihatin Terhadap Forum Pemred

 


AJI Prihatin Terhadap Forum Pemred

AJI Prihatin Terhadap Forum Pemred
Deklarasi Forum Pemred, Senayan, Jakarta, Rabu (18/7). TEMPO/Marifka Wahyu Hidayat

TEMPO.CO, Jakarta -Aliansi Jurnalis Independen Indonesia Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia menyatakan prihatin terhadap pertemuan Forum Pemred Indonesia yang digelar 13-14 Juni 2013 di Nusa Dua Bali. Dalam siaran pers yang ditandatangani Ketua AJI Indonesia Eko Maryadi, pertemuan ratusan pemred media se-Indonesia bisa menimbulkan spekulasi politik karena digelar setahun sebelum pemilu 2014.

Aji juga mempertanyakan perihal fasilitas yang diterima perserta forum selama acara. Kode Etik Jurnalistik secara jelas mengatur agar wartawan tidak menyalahgunakan profesi yang ditekuninya. AJI mengingatkan, Forum Pemred berpotensi keluar dari jalur profesionalisme dan etika jurnalistik yang seharusnya dibangun dalam era pers bebas dan demokrasi saat ini.

AJI menyampaikan tiga hal menyikapi forum pemred ini: 
1. AJI mengingatkan agar Forum Pemred tidak melanggar Kode Etik Jurnalistik (KEJ) pasal 6 : Yakni "Wartawan Indonesia tidak menyalahgunakan profesi dan tidak menerima suap". Dalam hal penafsiran, "suap" adalah segala pemberian dalam bentuk uang, benda, atau fasilitas dari pihak lain yang mempengaruhi independensi.

AJI juga mengingatkan agar pembentukan Forum Pemred sesuai dengan Peraturan Dewan Pers tentang Organisasi Wartawan diantaranya, poin 8 : Organisasi wartawan memiliki program kerja di bidang peningkatan profesionalisme pers. Juga poin 9 : Organisasi wartawan memiliki kode etik, yang tidak bertentangan dengan Kode Etik Jurnalistik yang ditetapkan Dewan Pers.

2. AJI menyerukan anggotanya agar tidak mengikuti keputusan apapun dari forum tersebut, terutama jika bertentangan dengan prinsip independensi, profesionalisme, dan etika jurnalistik. AJI mendukung hak setiap orang untuk berorganisasi dan menyampaikan pendapat. Namun AJI menentang upaya pengorganisasian wartawan yang menjadikan pers sebagai corong kepentingan politik tertentu, perpanjangan tangan pemilik modal, yang menyerobot independensi ruang redaksi.

3. Kepada Pemimpin Redaksi yang hadir di Bali, hendaknya membahas secara serius masalah kesejahteraan wartawan, independensi redaksi di depan penguasa dan pengusaha, dan bagaimana Kode Etik Jurnalistik (KEJ) menjadi marwah pers Indonesia, serta upaya serius menghentikan aksi-aksi kekerasan terhadap jurnalis di seluruh Indonesia.

DIMAS SIREGAR

http://www.tempo.co/read/news/2013/06/13/078488166/AJI-Prihatin-Terhadap-Forum-Pemred


__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment