Wednesday, July 2, 2014

[batavia-news] Ini Cara Kepala Daerah Nakal Perkaya Diri Lewat Sektor Pertambangan

 

 
res : Siapa kepala daerah yang tidak nakal dan di mana mereka bercokol? Kalau kepala daerah tidak nakal maka penguasa neo-Mojopahit dan kaum elitnya tidak berkelimpahan kekayaan. Hakekat dari negara fedodal atau semi feodal harus demikian. Patut dipahami bahwa diwilayah tidak ada pertambangan pun kepala daerah adalah raja kecil yang mengurus kepentingan penguasa pusat kekuasaan. Penguasa pusat kekuasaan makmur raja kecil pun dapat bahagian.
 
 
 
Rabu, 02/07/2014 19:41 WIB

Ini Cara Kepala Daerah Nakal Perkaya Diri Lewat Sektor Pertambangan

Fajar Pratama - detikNews
 
Jakarta - Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengindikasikan adanya sejumlah kepala daerah yang melakukan pencucian uang dari bisnis tambang. Mereka memperkaya kocek demi kepentingan politik praktis.

"Modusnya beragam, ada yang main di perizinan, mark down pajak dalam proses jual beli hasil tambang dan sebagainya," terang Wakil Kepala PPATK Agus Santoso di Jakarta, Rabu (2/7/2014).

Menurut Agus, karena itu juga dibentuk Satgas Pertambangan yang terdiri atas sejumlah institusi hukum. Lembaga ini akan mengawasi mereka yang berbuat korupsi di bidang tambang. Ada kepala daerah di kawasan Indonesia barat, timur, dan tengah yang rekeningnya mencurigakan.

Agus menyitir temuan KPK soal dugaan hilangnya potensi pemasukan uang negara dari sektor pertambangan karena ulah mereka yang curang.

Dari data riset KPK, dapat diketahui misalnya untuk data ekspor mineral tahun 2011 untuk Nikel, Biji Besi/Pasir Besi, Timbal, Bauksit, Mangaan, jumlahnya ditaksir sebesar USD 24,7juta/

"KPK juga sudah merilis data royalti yang belum dibayar pada sub sektor ekspor Batubara tahun 2010-2012 yang jumlahnya mencapai USD 1,2 miliar," tutup Agus.

__._,_.___

Posted by: "Sunny" <ambon@tele2.se>
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment