Thursday, July 3, 2014

[media-jabar] SIARAN PERS Selasar Weekend Cinema 2014: ArtHouse Cinema - "Taste the Waste"; Sabtu, 19 Juli 2014, Pk. 15.00 WIB di Bale Handap SSAS

SIARAN PERS

Selasar Weekend Cinema 2014: ArtHouse Cinema

“Taste the Waste”

 

Sabtu, 19 Juli 2014

Pk. 15.00 WIB

di Bale Handap

Selasar Sunaryo Art Space

 

Selasar Sunaryo Art Space (SSAS) bekerja sama dengan Goethe-Institut Indonesien, menyelenggarakan pemutaran film dokumenter “Taste the Waste”. Pemutaran film ini merupakan rangkaian program reguler Selasar Weekend Cinema 2014: ArtHouse Cinema yang dilangsungkan pada hari Sabtu pekan terakhir setiap bulan.

 

Besar harapan kami bahwa rekan-rekan jurnalis dan media berkenan untuk menghadiri dan meliput kegiatan ini, mengingat pentingnya peran media massa dalam perkembangan seni rupa dan budaya khususnya di Indonesia.

 

“Taste the Waste”

Colour, 92 min., 2010.

Director: Valentin Thurn

 

Sinopsis

Masyarakat yang makmur hidup berkelimpahan. Hampir setengah dari semua bahan makanan berakhir di tempat sampah, sebagian besar bahkan sebelum dikonsumsi. Sekitar 90 juta ton makanan dibuang di Uni Eropa setiap tahunnya. Jumlah ini sama dengan ketika 3 juta truk dibentangkan sekeliling ekuator. Mengurangi limbah makanan sebesar 50%, dapat mengarah pada pencegahan jumlah atas emisi gas rumah kaca yang sama seperti mengurangi jumlah mobil yang turun ke jalan di dunia. Jumlah makanan yang dibuang di Amerika Utara dan Eropa mencukupi untuk memberi makan orang yang kelaparan di dunia sebanyak tiga kali lipatnya.

 

Publik luas lambat laun menyadari akan dampak dari penyalahgunaan ini. “Taste the Waste” mencari tahu penyebab terjadinya limbah ini, melihat dampak dari penyalahgunaan, kaitannya dengan pola makan sekitar 7 miliar orang, serta dampaknya terhadap perubahan iklim. Film dokumenter ini dibuat di Eropa, Afrika, Asia dan Amerika Serikat. Bila ada seseorang yang berharap bahwa sebuah film mampu mengubah kesadaran penontonnya, karya Valentin Thurn ini dengan sangat baik memenuhi harapan tersebut.

 

Profil Director

Valentin Thurn lahir di Stuttgart pada tahun 1963. Ia belajar Geografi, Etnologi dan Politik di Aix-en-Provence, Frankfurt dan Cologne kemudian lulus dari German School of Journalism di Munich. Sejak tahun 1990, Valentin Thurn bekerja sebagai penulis dan sutradara untuk radio dan televisi. Pada tahun 1994, ia mendirikan perusahaan produksi "Thurnfilm". Setelah beberapa karya untuk televisi, “Taste the Waste” adalah karya dokumenter sinematik pertamanya.

 

Trailer resmi: http://tastethewaste.com/info/film

 

 

 

No comments:

Post a Comment