Monday, May 13, 2013

[batavia-news] Ada Kepentingan Asing Dibalik Rencana Penaikkan BBM + BBM Naik Gara-gara APBN Jebol Mengada-ada

 

Ref: Siapa yang mendukung kepentingan asing sehingga harus dinaikan harga BBM?
 
 
 
Ada Kepentingan Asing Dibalik Rencana Penaikkan BBM
Arnold Sirait
13 May 2013 12:30:30
BBM bersubsidi (Foto: Aktual.co/Tino Oktaviano)
Jakarta, Aktual.co — Niat pemerintah untuk menaikkan harga Bahan Bakar Minyak(BBM) disinyalir untuk memuluskan  kepentingan asing di sektor hilir migas. Hal tersebut dikemukakan oleh Pengamat Ekonomi dari Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan UGM, Revrisond Baswir.

"Dikuranginya subsidi secara terus-menerus sampai mendekati harga pasar, nantinya hanya untuk kepentingan multinasional yang masuk ke industri hilir migas (minyak dan gas)," katanya kepada Aktual.co, Senin (13/5).

Menurutnya masih banyak urusan pemerintah yang harus diselesaikan dibandingkan menaikkan BBM. Sebagai contoh adalah memperbaiki Undang-undang Minyak dan Gas (Migas).

"UU Migas harus seluruhnya diperbaiki, mulai dari pengelolaan, penetapan harga, di Undang-undang kan tidak boleh diserahkan pasar, dan harus diatur oleh negara tapi ini pelan-pelan diserahkan ke pasar," jelasnya.

Seperti diberitakan Aktual.co, hari ini Senin, 13 Mei 2013,  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan akan bertemu dengan pimpinan DPR guna untuk membahas Rencana APBN Perubahan 2013. Termasuk rencana menaikkan harga BBM subsidi. Pertemuan akan dilakukan di kantor presiden pukul 08.30.

Ari Purwanto
 
++++
 
 
BBM Naik Gara-gara APBN Jebol Mengada-ada
Arnold Sirait
13 May 2013 12:06:00
BBM Naik Gara-gara APBN Jebol Mengada-ada : aktual.co
BBM (Foto: Aktual.co)
Jakarta, Aktual.co — Alasan akan jebolnya Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang dikemukakan pemerintah untuk mencabut dana subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) dinilai terlalu mengada-ada.

Menurut Ekonom dari Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan UGM, Revrisond Baswir, kelebihan kuota dan subsidi BBM tersebut terjadi karena pemerintah menganggarkan terlalu kecil.

"ketika dianggarkan angkanya terlalu kecil untuk konsumsi BBM, yang salah bukan realisasinya," katanya ketika dihubungi oleh Aktual.co, Senin (4/5).

Revrisond juga mengatakan bahwa nilai subsidi dalam perkembangannya terus mengalami penurunan. Sehingga dirinya berpendapat bahwa penurunan subsidi bukan karena masalah APBN.

"Perkembangan nilai subsidi terus melakukan penurunan, liat nilai relatif terus menerus mengalami penurunan, jadi saya lihat upaya penurunan subsidi bukan karena APBN,niat semula untuk melepas ke pasar," tambahnya.

Ari Purwanto

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment