Thursday, May 30, 2013

[batavia-news] Demokrasi Jangan Dimonopoli Orang Berduit

 

Di kerajaan neo-Mojopahit, siapa yang berduit mempunyai demokrasi, makin banyak duitnya makin besar pula lapangan demokrasinya. Bagi yang tidak berduit banyak hanya limau terasi untuk disantap.
 
 
 

Demokrasi Jangan Dimonopoli Orang Berduit

Created on Tuesday, 28 May 2013 08:07
Published Date
 

Jakarta, GATRAnews - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa mengatakan bahwa biaya politik menjadi anggota eksekutif dan legislatif sangatlah tinggi, sehingga hanya kandidat yang memiliki uang atau dekat dengan pemilik modal lah yang mampu mencapai kekuasaan.

"Ini tidak boleh terjadi. Sebagai ketum (ketua umum, Red.) partai, saya melihat di Pilkada yang pada akhirnya akan berujung pada money poitics (politik uang, Red.), membuat praktek korupsi dan KKN sulit kita berantas," tegas Hatta, dalam diskusi "Dari Reformasi Politik ke Reformasi Ekonomi", di kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Senin malam (27/5).

Menurut Menko Perekonomian ini, bersihnya negara dari korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) merupakan esensi dari tujuan Reformasi yang belum tercapai pada tahun ke-15 Reformasi ini dicanangkan. Selain itu, demokrasi juga tidak boleh hanya diakses bagi orang yang berkantong tebal.

"Persoalan ini merupakan esensi persoalan reformasi yang kita lakukan, yakni berantas KKN, tidak boleh terjadi tirani. Demokrasi tidak boleh terkooptasi dan proses demokrasi tidak boleh terjadi hanya bagi pemilik modal," paparnya.

Senada dengan Hatta, Wakil Ketua DPD RI Laode Ida mengatakan, untuk mengubah demokrasi, negeri ini memerlukan satu sistem yang mengedepankan sistem nilai agar para pengambil kebijakan tidak hanya memikirkan diri dan kelompoknya.

"Jadi, pemikir, praktisi politik, pengambil kebijakan yang hanya memikirkan dirinya dan kelompok harus dikikis secara perlahan. Jika perlu, harus ada revolusi transisi politik kita dalam jangka pendek," tandasnya. (IS) 

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment