Friday, May 31, 2013

[batavia-news] UKM Bisa Mengentaskan Pengangguran & Kemiskinan

 

Ref: Apakah ada buktinya dan contohnya ataukah hanya ucapan sepuhan bibir untuk menyenangkan pendengar yang mau dibodohkan?
 
 
UMAT, 31 Mei 2013 | 689 Hits

UKM Bisa Mengentaskan Pengangguran & Kemiskinan
 
 
JAKARTA, AE. - Penguatan perekonomian daerah bisa menjadi senjata andalan Indonesia untuk mengatasi gejolak dari krisis global yang hingga saat ini diperkirakan masih belum membaik.

"Ekonomi daerah yang umumnya berbasis pada ekonomi kerakyatan adalah ekonomi yang mandiri, yang bahan baku industrinya dari dalam negeri dan mengandalkan pembiayaan usahanya pada modal sendiri atau modal perbankan dalam negeri, sehingga tidak mengalami pengaruh yang lebih besar terhadap gangguan dari luar," ungkap Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perbankan dan Finansial Rosan P Roeslani dalam keterangan tertulisnya, Kamis (30/5/2013).

Usaha kecil menengah di daerah, kata Rosan, juga memiliki kemampuan yang besar dalam menyerap tenaga kerja sehingga sangat berperan untuk mengentaskan masalah pengangguran dan kemiskinan.

Meski demikian, yang terjadi hingga saat ini perekonomian daerah masih terkendala pada persoalan-persoalan klasik seperti persoalan usaha kecil menengah (UKM) yang selalu tersendat dalam masalah permodalan.

Akses yang terbatas terhadap bank, serta administrasi yang rumit dalam mengembangkan usaha sering kali menjadi kendala untuk mengembangkan usaha. Di sisi lain, Rosan merekomendasikan kepada para pelaku usaha untuk mengakses permodalan melalui nonperbankan untuk mengembangkan usaha.

"Perbankan itu high regulated, namun sebenarnya ada alternatif bagi para pengusaha daerah untuk memanfaatkan nonperbankan," kata Rosan.

Selain peran perbankan di daerah yang bisa melakukan pemberian modal terhadap usaha berbasis rakyat, Kadin menilai, saat ini diperlukan pula diversifikasi dan penguatan lembaga keuangan non-bank untuk ikut menopang potensi domestik. (oz)

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment