Sunday, June 16, 2013

[batavia-news] TKI ke Luar Negeri Harus Dilengkapi Rekomendasi Kadisnaker

 

 

Sabtu, 15 Juni 2013 09:11:16 WIB

TKI ke Luar Negeri Harus Dilengkapi Rekomendasi Kadisnaker

migratge146
 

SUKABUMI (Pos Kota) – Calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang akan bekerja ke luar negeri harus dilengkapi surat rekomendasi dari Kepala Dinas Tenaga Kerja tingkat Kabupaten/Kota.

"Tidak boleh lagi ada TKI ke luar negeri tanpa rekomendasi Kadisnaker. Itu sistem yang telah dibangun BNP2TKI untuk memastikan setiap TKI berangkat melalui jalur resmi," kata Moh. Jumhur Hidayat, Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) saat menyosialisasikan program penempatan TKI di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat malam.

Dalam kegiatan yang bertema "Bersama TKI Membangun Negeri" itu, Jumhur menyebutkan sistem yang telah dibangun BNP2TKI itu berlangsung dalam jaringan komputer (online) antara BNP2TKI dengan lebih dari 400 Disnaker kabupaten/kota sehingga bisa mengawasi proses penempatan dan perlindungan TKI.

Sosialisasi kepada masyarakat Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang dimeriahkan dengan pementasan wayang golek Giri Hardja III dari Bandung dengan dalang Umar Darusman Sunandar Sunarya itu, Jumhur menegaskan rekomendasi dari Kadisnaker bisa diberikan bila calon TKI telah memenuhi berbagai persyaratan.

Yaitu kelengkapan dokumen, telah dilatih, dan jelas kontrak kerjanya. "Kalau ada orang, calo atau sponsor, membawa calon TKI tanpa rekomendasi itu, tolong laporkan ke kepolisan setempat untuk ditindak karena dapat diduga melakukan kejahatan perdagangan orang. Inilah pentingnya sosialisasi agar masyarakat memahami berbagai langkah perbaikan yang dilakukan pemerintah."

Menurutnya, untuk mempercepat masyarakat mendapatkan akses keadilan dan memberikan informasi, BNP2TKI sejak 27 Juni tahun 2012 telah mengoperasikan pusat pelayanan pengaduan (call center) bebas pulsa ke nomor 08001000.

Dalam sosialisasi yang dihadiri ribuan masyarakat Sukabumi termasuk Ketua Komisi IX DPR Ribka Tjiptaning dan Anggota Komisi IX DPR Dewi Asmara, Jumhur merasa bangga mendapat aporan dari Kadisnaker Kabupaten Sukabumi Aam Amar Halim yang menyebutkan remitansi (kiriman uang) TKI asal Kabupaten Sukabumi dari luar negeri mencapai Rp1,4 triliun pada 2012 dan jumlah itu lebih besar dari APBD Kabupaten Sukabumi.

"Itu artinya remitansi TKI sangat besar dan mampu menggerakkan perekonomian daerah," katanya.

Pada kesempatan itu ia menyatakan BNP2TKI sedang menyiapkan rapat koordinasi dengan seluruh Gubernur dan Bupati/Wali Kota yang daerahnya merupakan basis TKI.

"Kami rencanakan rakor pada awal Juli, untuk menggabungkan kekuatan dalam integrasi pelayanan penempatan dan perlindungan TKI," ujarnya.(Tri)

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment