Sunday, June 16, 2013

[media-jabar] Seragamnya Isi Televisi Mendepolitisasi Realitas Sosial

 

Seragamnya Isi Televisi Mendepolitisasi Realitas Sosial
Oleh: Suci Wulan Ningsih

Akibat isi tayangan televisi yang jakartasentris, jawasentris, dan islamsentris, keragaman yang ada tergusur oleh produk budaya populer televisi. Implikasinya, terjadi depolitisasi realitas sosial dan kohesi warga negara makin cair.
Demikian salah satu premis utama yang dipaparkan Yanuar Nugroho, kepala penelitian Centre for Innovation Policy & Governance (CIPG) kali ini, dalam publikasi dan diskusi hasil penelitian  "Creating Content, Shaping Society: Do Indonesia Media Uphold the Principle of Citizenship?", yang diselenggarakan di Auditorium Ford Fondation Sequis Center, Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu lalu (13/06).
Publikasi penelitian yang ke-4 ini merupakan bagian dari rangkaian publikasi penelitian CIPG, setelah sebelumnya melihat media di ranah politik, industri, dan hubungannya dengan kelompok rentan. Dalam penelitian kali ini, CIPG berusaha membuktikan asumsi yang telah banyak beredar sebagai kasak-kusuk semata ketimbang data pasti, yakni bahwa isi televisi cenderung seragam.
Dwitri Amalia,salah seorang peneliti CIPG menjelaskan bahwa dari 10 stasiun televisi bersiaran nasional yang diteliti (periode 11 September – 10 Oktober 2012), 58,7 % konten tayangannya berasal dari Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Hal ini, menurut Dwitri, menunjukkan adanya dominasi Jawa, khususnya Jakarta, dalam konten tayangan televisi kita..
Hal serupa juga terjadi pada aspek orientasi kepercayaan. 87% tayangan memiliki konten islami dalam beragam bentuk (sinetron, dakwah, dan lainnya), dan ditayangkan pada prime time. Sementara 13% lainnya terbagi untuk kepercayaan lainnya, yakni Kristen, Katholik, Budha, Hindu dan Konghucu).
Baca selengkapnya >> www.remotivi.or.id
--
REMOTIVI
"Hidupkan Televisimu, Hidupkan Pikiranmu"
www.remotivi.or.idTwitter | Facebook


Remotivi adalah sebuah inisiatif warga untuk kerja pemantauan tayangan televisi di Indonesia. Cakupan kerjanya turut meliputi aktivitas pendidikan melek media dan advokasi yang bertujuan (1) mengembangkan tingkat kemelekmediaan masyarakat, (2) menumbuhkan, mengelola, dan merawat sikap kritis masyarakat terhadap televisi, dan (3) mendorong profesionalisme pekerja televisi untuk menghasilkan tayangan yang bermutu, sehat, dan mendidik.

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment