Wednesday, June 19, 2013

[media-jabar] UNDANGAN "Afternoon Tea #19:Sesuatu Tentang Praktik Arsitektur Indonesia"

 

UNDANGAN


"AFTERNOON TEA #19 : Sesuatu Tentang Praktik Arsitektur Indonesia"

Sabtu, 22 Juni 2013
Pk. 15.00 WIB – selesai
di Pustaka Selasar
Selasar Sunaryo Art Space
Jl. Bukit Pakar Timur No. 100, Bandung

Pembicara utama:
Adi Marsiela (Jurnalis, Harian Suara Pembaharuan, Jakarta)
Edwin Hasyim (Kontraktor, Edwin Hasyim & Friends)
Indah Widiastuti (Dosen, Fakultas Arsitektur- ITB)

Moderator:
Sarah Ginting (Arsitek)

Pustaka Selasar bekerjasama dengan SAGI Architects dengan hormat mengundang anda untuk menghadiri kegiatan diskusi "AFTERNOON TEA #19 : Sesuatu Tentang Praktik Arsitektur Indonesia".
[…] Satu karakter unik dari praktik arsitektur, adalah hakikat perancangannya yang membutuhkan kajian lintas ilmu antara teori keteknikan dengan pengetahuan humaniora atas relativitas needs `kebutuhan akibat perilaku' dan wants `motivasi akibat karakter' masyarakat. Mengutip pernyataan Peter Cook (1992), "arsitektur adalah jawaban seni atas kebutuhan suatu realitas permasalahan". Secara literatur, arsitektur sebagai seni memiliki arti sebagai, jabaran keindahan pikiran merasionalisasi permasalahan untuk menghadirkan keindahan yang berfungsi dalam suatu realitas sebagai sistem. Dari sudut pandang semiotik, arsitektur merupakan seni yang menandakan "tanda-tanda semantis" dalam menerapkan faktor fungsi. Tidak hanya sebagai bentukan fisik dari keabstrakan, namun juga menghadirkan keindahan rasa dalam memvisualisasi sistem hierarki. Keindahan arsitektur dalam hakikatnya mengandung nilai yang dilematis di mana komposisi parameternya terkadang saling menegasi antara poin abstrak (konsep) dengan poin ukur (komposisi sistem).
"Merancang adalah Konsep (Kata Sifat) yang mewujud Desain (Kata Benda)" […]

(Sarah Ginting)

Tentang program Afternoon Tea:
Sejak diresmikan pada tahun 2008, Pustaka Selasar menjalankan fungsinya sebagai tempat penyimpanan arsip program SSAS. Dengan jumlah koleksi lebih dari 3000 buku dengan kategori seni rupa, desain, arsitektur, fotografi dan sastra, Pustaka Selasar menyelenggarakan diskusi ini untuk memperkenalkan koleksinya kepada publik.

Tentang SAGI-Architects:
Biro Konsultan SAGIarchitects, didirikan secara resmi oleh Sarah Ginting pada Januari 2007, yang semula diawali dengan bentuk komunitas pewadah arsitek dan seniman Bandung sejak tahun 2004. Selain mengerjakan perencanaan dan pelaksana pembangunan proyek-proyek arsitektur dan interior, biro ini juga berkecimpung di bidang penelitian desain dan pengaryaan seni.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat dari tautan berikut:
http://selasarsunaryo.com/program/details/204-afternoon-tea-19-sesuatu-tentang-praktik-arsitektur-indonesia.html

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment