Thursday, March 6, 2014

[media-jabar] Siaran Pers Deklarasi Saung Parlemen Hijau

 

Siaran Pers

Deklarasi Saung Parlemen Hijau

“Lingkungan Hidup Mandat Penting Parlemen”

 

Bandung, 7 Maret 2014

Hajat demokrasi Pemilu 2014 yakni Pileg dan Pilpres akan segera digelar. Dalam Pileg 2014, sekitar 12 partai politik akan bertarung memperebutkan kursi anggota parlemen di level pusat dan daerah. Dalam Pileg 2014, Jawa Barat merupakan provinsi pemberi suara terbesar dan penyuplai kursi DPR RI terbanyak dibanding provinsi lainnya di Indonesia. Sebanyak 92 orang anggota DPR RI dari 550 orang berasal dari Jawa Barat ditambah 5 orang anggota DPD. Di tingkat daerah sebanyak 50 orang akan menjadi anggota DPRD tingkat provinsi dan sekitar 1200 orang akan menjadi anggota DPRD di 26 Kabupaten/Kota di Jawa Barat.  

 

Di balik kuantitas anggota parlemen (legislatif) yang dipilih dan diberikan mandat politik. Berdasarkan dokumen SLHI Kementrian Lingkungan Hidup RI, indeks kualitas lingkungan hidup (IKLH) Jawa Barat tahun 2012 pada rangking 27 dari 30 provinsi yang diteliti. Bahkan fakta lapangan, krisis ekologi seperti alih fungsi, pencemaran udara dan air, pertambangan, sengketa ruang dan lingkungan hidup serta bencana lingkungan hidup serta semakin memprihatinkan dan berdampak pada kualitas kehidupan masyarakat dan berujung malapetaka kematian.

 

Selama lima tahun ke belakang, peran partai politik dan fungsi anggota legislatif di tingkat pusat dan daerah tidak signifikan berkontribusi dalam memperbaiki kebijakan politik yang pro lingkungan hidup (ekologi) dan tata kelola sumber daya alam yang berkeadilan. Kinerja parlemen dalam menjalankan fungsi legislasi, budjeting dan pengawasan tidak dijalankan dalam kerangka mendorong agenda kebijakan untuk memulihkan krisis dan bencana ekologi di Jawa Barat yang semakin meluas. Bagi Parlemen, krisis ekologi dan bencana yang menimpa seperti masalah biasa dan tidak penting jadi prioritas kebijakan untuk di dorong ke pemerintah pusat dan daerah.

 

Menyikapi hal ini maka Walhi Jawa Barat merasa penting membangun konsolidasi masyarakat sipil dengan melibatkan jaringan masyarakat sipil, seniman, budayawan dall melakukan kampanye bersih2 parlemen dari perusak lingkungan, melakukan pendidikan politik lingkungan hidup kepada masyarakat dan perlemen serta membuka posko rakyat dalam media “SAUNG PARLEMEN HIJAU” yang dideklarasikan Jum’at, 7 Maret 2014 memiliki fungsi pusat informasi, pendidikan politik, kampanye dan advokasi masyarakat dan korban kebijakan.  Ke depan, salahsatu agenda yang akan di dorong adalah pembangunan KAUKUS LINGKUNGAN HIDUP parlemen di tingkat Propinsi dan Kabupaten/kota berbasis krisis ekologi yang akut seperi kerusakan Citarum, KBU dan pertambangan pasir besi di Jabar selatan.

 

Saung Parlemen Hijau yang digagas WALHI Jawa Barat ini merupakan ruang diskusi dan media informasi bagi seluruh lapisan masyarakat untuk mainstreaming politik lingkungan hidup dalam pemilu 2014. Tempat dimana platform WALHI tentang politik lingkungan dideseminasikan, media ruang belajar dan interaksi bagi aktivis, petinggi parpol, caleg dengan masyarakat (pemilih). Sehingga Isu Lingkungan hidup dapat disejajarkan dengan isu politik yang juga menjadi penting untuk diperbincangkan oleh parpol dan anggota legislatif dalam pemilu 2014 ini.


Saung Parlemen Hijau merupakan tempat dimana gerakan politik lingkungan hidup ditumbuh kembangkan dan diperkuat melalui serial pendidikan politik masyarakat sipil dalam mendorong perbaikan kebijakan sector lingkungan hidup dan publik lainnya. Informasi seputar calon anggota legislatif dengan kriteria dan variabel yang telah ditentukan oleh Walhi Jawa Barat dapat tersebarluaskan pada seluruh lapisan masyarakat sipil yang mempunyai hak pilih. Dengan demikian masyarakat yang memiliki hak pilih terutama pemilih pemula itu dapat mempertimbangkan pilihannya dan tidak terjebak dan tersesat oleh politik praktis transaksional jangka pendek yang digulirkan oleh para calon anggota legislatif.



Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Jawa Barat

Deputi Direktur

 

Dedi Kurniawan

Kontak 081394793750


--
"Selamatkan Rakyat dan Pulihkan Lingkungan Hidup Jawa Barat"
 ***********************************************************************************************
 Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Jawa Barat
 Jalan Piit Nomor 5 Bandung 40133
 Telp/Fax. +62 22 250 7740
 E-mail : jabar@walhi.or.id, walhijabar@gmail.com, walhi@walhijabar.org
 Tweeter :@walhijabar
 Website : www.walhijabar.org
 Donasi Publik Bank Mandiri No Rekening 131-00-0992585-2 atas nama Walhi Jawa Barat
 ***********************************************************************************************

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment