Wednesday, April 16, 2014

[batavia-news] Usung Calon Internal, PDIP Merugi

 

 

Usung Calon Internal, PDIP Merugi

puan
Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan Puan Maharani (tengah) didampingi pimpinan teras PDIP. Foto: Ismail Pohan/Indopos
Rabu, 16 April 2014
 

Jakarta - Siang ini, elit PDI Perjuangan melakukan pertemuan di kediaman ketua umum Megawati Soekarno Putri Jalan Teuku Umar, Jakarta, untuk membahas pendamping Joko Widodo alias Jokowi di pemilu presiden (Pilpres) Juli mendatang . Dari pertemuan itu, rumor pun berkembang bahwa PDIP akan mengusung calon wakil presiden (cawapres) dari internal, di antaranya Puan Maharani.

Rumor ini sangat menguat dengan adanya  pernyataan Jokowi saat menghadiri pertemuan dengan forum pimpinan redaksi (pimred) media massa, tadi malam, di Restoran Horapa, Teuku Cik Ditiro, Menteng, Jakarta yang secara tegas menolak adanya koalisi yang hanya sekadar bagi-bagi kekuasaan di kabinet.

Jika dirinya terpilih sebagai presiden, dirinya pun tidak ingin diganggu oleh koalisi. "Saya ingin kabinet yang kerja. Bukan sekadar koalisi. Dan koalisi minta-minta," ucap Jokowi pada pertemuan .Pernyataan itu secara nyata mensyaratkan bahwa  hanya berkoalisi dengan Partai Nasdem, sudah mencukupi untuk bertarung di pilpres.

Namun dengan memenuhi persyaratan presidential threshold satu atau gabungan partai minimal mencapai 25 persen suara nasional, bagi pengamat politik Said Salahudin, wacana cawapres dari internal PDIP tidaklah cukup untuk memenangi Jokowi. Justru akan makin menyesatkan dan membuat suaranya lemah di pilpres.

"Sepertinya PDIP tidak akan nekat untuk mengusung duet internal. Itu berbahaya bagi mereka. Perolehan suara sekitar 19 persen di Pileg (pemilu legislatif,red) itu sudah mencerminkan dukungan murni pemilih kepada Jokowi," ucap Said, kepada Indopos di Jakarta, Rabu (16/4).

Jadi, lanjut Said, PDI-P akan mencari cawapres dari luar yang memiliki elektabilitas tinggi agar bisa mendongkrak suara bagi Jokowi. Sehingga kabinet koalisi atau bagi-bagi kekuasaan pun sulit untuk dihindari. "Memang harus ada koalisi. Namun tetap mencari sosok kader partai yang berkualitas di kabinet nantinya," pungkasnya. (dil)

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment