Saturday, April 19, 2014

[media-jabar] Undangan Konferensi Pers Pameran MOCHTAR APIN; Jumat,2 Mei 2014,Pk.15.00 WIB; di Bale Handap-Selasar Sunaryo Art Space [1 Attachment]

 
[Attachment(s) from program SSAS included below]

Kepada Yth.                                                                                                                  Bandung, 18 April 2014

Redaktur Budaya

Di tempat

 

Undangan Konferensi Pers

Peluncuran Buku PARADOKS MOCHTAR APIN dan

Pameran APIN: SANG PETUALANG DARI “GELANGGANG”

 

2 Mei 2014

Pk. 15.00 WIB

di Bale Handap, Selasar Sunaryo Art Space

Jl. Bukit Pakar Timur No. 100, Bandung 40198

www.selasarsunaryo.com

 

Selasar Sunaryo Art Space (SSAS) dengan hormat mengundang rekan-rekan jurnalis untuk menghadiri Konferensi Pers Peluncuran Buku PARADOKS MOCHTAR APIN dan Pameran APIN: SANG PETUALANG DARI “GELANGGANG”

 

Berikut paparan singkat mengenai acara ini:

“Di tahun 2013 lalu telah berlangsung tiga pameran yang bertajuk Archiving Apin. Pameran ini berlangsung di tiga tempat yang berbeda, dalam waktu yang berbeda dengan pendekatan yang berbeda-beda pula. Ketiga acara pameran tersebut masing-masing adalah: Archiving Apin: Works and Documents from the Mochtar Apin Collection, berlangsung di NUS Museum, Singapura (31 Agustus-29 September 2013); Archiving Apin: Arsip-arsip Perjalanan Kesenimanan Mochtar Apin, di Galeri Soemardja, ITB (18 September–4 Oktober 2013), dan Archiving Apin: Painting the Modern, Mochtar Apin 1940 – 1990, di Edwin’s Gallery, Jakarta (26 September 2013 - 27 Oktober 2013).

Tentu saja, pokok perhatian ketiga acara tersebut adalah sama: menampilkan sejumlah karya dan arsip yang berkenaan dengan perjalanan karier Mochtar Apin sebagai seniman, pendidik, pemikir yang telah berperan banyak dalam perkembangan seni rupa di tanah air.

 

Melengkapi keseluruhan pameran yang telah berlangsung di tahun lalu, kini telah siap terbit sebuah buku yang mengulas dan menampilkan sosok Mochtar Apin, perjalanan hidup dan kariernya. Buku ini berisi sejumlah esai yang mengulas karya-karya Mochtar Apin oleh M. Agus Burhan, Suwarno Wisetrotomo, dan Enin Supriyanto. Juga, dilengkapi dengan kisah dan kesaksian sejumlah seniman lain, rekan-rekan Mochtar Apin, hasil wawancara Asikin Hasan, serta catatan kenangan anggota keluarga Mochtar Apin.

Peluncuran buku ini akan berlangsung pada hari Jumat, 2 Mei 2014. Mendampingi acara peluncuran buku ini, SSAS juga akan menyelenggarakan pameran sejumlah karya-karya Mochtar Apin, dilengkapi berbagai bahan arsip dan dokumentasi merujuk pada sejumlah ulasan, uraian dan catatan yang tampil dalam buku “Paradoks Mochtar Apin” tersebut.

Pameran ini adalah presentasi sederhana yang berupaya menghadirkan bukti-bukti perjalanan panjang Mochtar Apin, dimulai dari kiprahnya bersama para seniman muda Gelanggang di awal kemerdekaan Indonesia, sampai pada berbagai penjelajahan dan petualangannya dalam mencari bentuk dan isi bagi karya-karya seni-rupanya yang beragam.

Pameran ini juga menampilkan sejumlah bahan arsip dan koleksi pribadi keluarga Mochtar Apin. Berbagai bahan berharga, penuh kenangan dan jarang dilihat oleh publik seni rupa tanah air ini dapat membawa kita pada pemahaman yang lebih intim mengenai tokoh ini: dari berbagai alat kerja yang pernah ia pakai dalam studionya, juga sejumlah benda dan perangkat yang menunjukkan minatnya yang dalam dan luas pada kesusasteraan, musik, fotografi, hingga seni-budaya tradisional Indonesia.

Selain menghadirkan Mochtar Apin sebagai sosok yang multifaset, pameran kali ini adalah sebentuk penghormatan atas karya dan sumbangannya bagi seni rupa Indonesia selama ini. Bagaimanapun, adalah penting untuk terus-menerus menghadirkan eksistensi karya dan pengalaman tokoh ini ke hadapan masyarakat karena perjalanan kesenimanan Mochtar Apin adalah juga bagian penting dari perjalanan sejarah seni rupa modern di Indonesia.

Rangkaian program ini terselenggara atas kerjasama Selasar Sunaryo Art Space, Keluarga Alm. Mochtar Apin dan Edwin’s Gallery.”

 

Bandung, April 2014

Enin Supriyanto dan Chabib Duta Hapsoro

Adapun rincian kegiatan adalah sebagai berikut:

 

Konferensi Pers*

Jumat, 2 Mei 2014

Pk. 15.00 WIB

di Bale Handap

Narasumber:

Karina M. Apin, Marella M. Apin, Arleti M. Apin (Keluarga Alm. Mochtar Apin), Edwin Rahardjo (Edwin’s Gallery), Sunaryo (Selasar Sunaryo Art Space) dan Enin Supriyanto (Kurator Pameran).

*Acara dilanjutkan dengan guided tour bersama dengan Enin Supriyanto dan Keluarga Alm. Mochtar Apin

 

Pembukaan Pameran

Jumat, 2 Mei 2014

Pk. 19.00 WIB

di Area Parkir

Dibuka oleh A.D. Pirous

 

Diskusi Bedah Buku “Paradoks Mochtar Apin”

Sabtu, 3 Mei 2014

Pk. 15.00 WIB

di Bale Handap

Pembicara: Enin Supriyanto, M. Agus Burhan

Penanggap: Rita Widagdo (dalam konfirmasi)

Moderator: Chabib Duta Hapsoro

 

Durasi Pameran

3 Mei 2014 s.d. 1 Juni 2014

Ruang A dan Bale Tonggoh, Selasar Sunaryo Art Space

Jl. Bukit Pakar Timur No. 100

Bandung 40198

(Buka setiap hari Selasa s.d. Minggu, Pk. 10.00 – Pk. 17.00 WIB,

tutup pada hari Senin & hari libur nasional)

 

Besar harapan kami bahwa rekan-rekan jurnalis berkenan menghadiri undangan konferensi pers ini, mengingat pentingnya peran media massa dalam perkembangan kegiatan-kegiatan seni budaya di Indonesia. Untuk konfirmasi kehadiran dan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Elaine (Program Manager, SSAS) via HP: +62813 2000 9997 atau via e-mail: program@selasarsunaryo.com / elaine.vbk@gmail.com

 

Terima kasih banyak kami haturkan atas perhatian dan kerja sama yang diberikan.

 


Hormat kami,

Selasar Sunaryo Art Space

 

 

Elaine V. B. K.

Program Manager

+62 813 2000 999 7

program@selasarsunaryo.com

 

 

__._,_.___

Attachment(s) from program SSAS | View attachments on the web

1 of 1 File(s)

Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment