Friday, September 13, 2013

[batavia-news] Kualitas Udara di Jakarta Parah

 

 
Kualitas Udara di Jakarta Parah
Jumat, 13 September 2013 - 07:55 WIB
: 130


(SH/Don Peter)
Studi: urine warga Jakarta mengandung hidrokarbon yang empat kali lipat dari ambang batas.

JAKARTA - Ketua Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB) Ahmad Syafrudin menyatakan bahwa kualitas udara di DKI Jakarta sudah sangat parah dan semakin buruk akibat pencemaran udara dari asap kendaraan bermotor.

"Riset yang dilakukan Universitas Indonesia pada 2006, menunjukkan bahwa udara di DKI Jakarta sudah jauh di bawah garis rata-rata layak untuk paru-paru," kata pria yang akrab disapa Puput itu selesai forum diskusi mengenai kebijakan fuel economy di Jakarta, Kamis (12/9).

Riset tersebut dilakukan untuk memeriksa kadar hidrokarbon yang ada di udara di wilayah DKI Jakarta. Dari penelitian UI tersebut, Puput mengungkapkan bahwa urine masyarakat DKI Jakarta mengandung hidrokarbon yang empat kali lipat lebih tinggi dari yang batas yang diperbolehkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Lalu kadar Polycyclic aromatic hydrocarbons (PAHs)--salah satu penyebab kanker-Red--dalam urine masyarakat sudah mencapai 30 kali lipat dari yang disarankan oleh WHO," Puput menambahkan.
 
Berdasarkan penelitian tersebut, terbukti bahwa kualitas udara di wilayah DKI Jakarta sudah sangat buruk dan jauh dari kelayakan.

Menurut dia, ada cara yang paling mudah untuk mengetahui indikator buruknya udara di Jakarta. Yakni, jika pengguna transportasi umum atau pejalan kaki di pusat kota mencium bau bensin menempel pada pakaian dan kulit. Itu tanda-tanda bahwa polusi udara di lokasi tersebut sudah sangat parah.

Lebih lanjut, Puput memaparkan bahwa hasil penelitian yang dilakukan kelomoknya bersama United States-Environmental Protection Agency (UNEP US- EPA) dan Kementerian Lingkungan Hidup mencatat sekitar lima juta penduduk Indonesia menderita penyakit yang terkait dengan pencemaran udara.

"Penelitian pada 2010 itu mencatat 57,8 persen atau setara dengan sekitar lima juta penduduk Indonesia mengalami penyakit akibat polusi udara," dia menegaskan.

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment