Tuesday, September 10, 2013

[batavia-news] Liputan Khusus dari CHINA-ASEAN RALLY

 

Liputan Khusus (Eksklusif):

CHINA-ASEAN RALLY yang ke 7 selama 22 hari
menjelajahi 6 negara ASEAN
 
Meski sempat diguyur hujan beberapa menit sebelum acara pembukaan CAITA RALLY 2013 dimulai pada hari Jum'at 6 September, namun acara pelepasan dan pembukaan CHINA-ASEAN RALLY yang ke 7 selama 22 hari
menjelajahi 6 negara ASEAN dilaksanakan pada pk 10.00 Jumat 6 September 2013 di depan Stadium kota Nanning Ibu Kota Guangxi Zhuang Autonomous Region berjalan mulus.
 
Acara ini dihadiri oleh para pejabat penting dibidang olahraga diantaranya Wakil Gubernur Provinsi Guangxi Ms. Li Khang, Vice Director the Sports Administration of Guangxi Zhuang Autonomouus Region Mr Chen Liji, dan tamu penting dari Negara ASEAN seperti Mr Danny Chian Siong Lee, Director Community Affairs Development ASEAN Secretariat dll.
 
CAITA 2013 adalah CHINA-ASEAN INTERNATIONAL TOURING ASSEMBLY & CHINA-ASEAN JOURNALISTS RALLY yang ke 7.
 
CHINA-ASEAN RALLY pertama kali diselenggarakan pada tahun 2006.
Namun demikian, dibalik kesuksesan acara tahunan yang sangat diminati oleh para pengendara dan jurnalis Negara ASEAN dan China ini, memiliki sejarah yang perlu dicatat sehingga lahirnya kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh the Sports Administration of Guangxi Zhuang Autonomouus Region
 
Pada tahun 1991, Mr Qian Qichen, Anggota Dewan dan Perdana Menteri RRT menghadiri pertemuan ke 24 Perdana Menteri Negara ASEAN di Kuala Lumpur Malaysia. Acara ini menandakan dimulainya hubungan dialog CHINA-ASEAN
 
Pada tahun 1996, saksi dari hubungan CHINA-ASEAN yang berkembang lebih baik ini adalah dengan Kerjasama Dialog penuh. Setelah itu CHINA-ASEAN bekerja bersama untuk mengatasi Krisis Moneter. Komitmen RRT untuk tetap menjaga kestabilan RMB (China Yuan) sangat dihargai oleh Negara2 ASEAN.
 
Pada bulan Desember di tahun yang sama, pertemuan pertama CHINA-ASEAN SUMMIT diadakan di Malaysia, kedua belah pihak setuju untuk membangun kepercayaan dan kerjasama yang menguntungkan dengan negara2 tetangga di abad 21, dan DR Nurdin Purnomo telah dipercayaikan sebagai pembicara kunci dari Indonesia
 
Pada November 2000, Perdana Menteri Chinese Zhu Rongji mengusulkan Area perdagangan bebas CHINA & ASEAN, (CAFTA= CHINA ASEAN FREE TRADE AREA) yang disambut baik oleh pimpinan2 negara ASEAN, ini menandakan babak baru dalam kerjasama CHINA-ASEAN.
 
Pada November 2002, Para Pemimpin China dan Negara ASEAN, secara resmi menandatangani Perjanjian Kerjasama Ekonomi antara RRT dan ASEAN (Association of South East Asian of Nations) menandakan dimulainya konstruksi Area perdagangan bebas, seperti yang tercantum dalam perjanjian, CAFTA akan dimulai pada tahun 2010.
 
Pada CHINA ASEAN SUMMIT yang ke 7 tanggal 8 Oktober 2003, Perdana Menteri RRT Wen Jiabao, mengusulkan CHINA-ASEAN Expo akan diadakan setiap tahun di Nanning, Provinsi Guangxi RRT mulai tahun 2004 dan seterusnya, inisiatifnya disambut oleh Pemimpin Negara2 ASEAN.
 
Bulan November 2004, CHINA-ASEAN Expo yang pertama dan CHINA-ASEAN Business & Investment Summit yang pertama berhasil diselenggarakan dengan sukses di RRT, ini menandakan selangkah lebih maju konstruksi CAFTA ( era perdagangan bebas China-Asean)
 
CHINA & ASEAN secara resmi menandatangani perjanjian pada Perdagangan barang2 (Trade in Goods / TIG) sebagai isi perjanjian yang utama.
 
Perdagangan barang2 ini dimulai Juli 2005, menandakan inagurasi "Reduksi harga" yang dapat dipahami.
 
Mr Liu Qibao, Sekretaris Partai Komunis Guangxi Zhuang Autonomous Region mengusulkan diadakannya CHINA-ASEAN International touring Assembly.
 
2006 adalah tahun kerjasama yang sangat bersahabat untuk CHINA dan ASEAN, bersamaan dengan perayaan ke 15 tahun hubungan dialog yang telah dibangun, pertama kalinya CHINA-ASEAN INTERNATIONAL TOURING ASSEMBLY telah sukses diselenggarakan pada tahun yang sama.
 
Dalam perayaan 40 Tahun ASEAN pada Januari 2007, CHINA-ASEAN secara resmi menandatangani Perjanjian pelayanan di bidang perdagangan yang merupakan langkah2 yang sangat penting untuk membangun era perdagangan bebas CHIINA-ASEAN ( CAFTA) di Cebu, Philipina.
 
Perdana Menteri RRT Wen Jiabao menghadiri ASEAN plus Three Summit ke 11 pada 20 November dan membuat 5 poin usulan untuk memperkuat dan memperdalam kerjasama antara 10 negara ASEAN dan CHINA.
 
Pada 15 Desember 2008, anggota Negara2 ASEAN bertemu dengan masyarakat Indonesia untuk melaunching ASEAN Charter menandakan perkembangan ASEAN ketangga yang baru.
 
Pada Era perdagangan bebas CHINA-ASEAN (CAFTA) yang dimulai 1 Januari 2010, The China-ASEAN Journalists Rally yang telah digabungkan dengan CHINA-ASEAN International Touring Assembly, sejak tahun ini telah diorganisir dengan baik
 
Tahun 2011 menandakan perayaan ke 20 CHINA-ASEAN Dialogue Relations, CHINA-ASEAN Friendship & Exchange Year dan perayaan tahun pertama CAFTA.
 
Juga merayakan perayaan tahun ke 5 CHINA-ASEAN INTERNATIONAL TOURING ASSEMBLY & CHINA-ASEAN JOURNALISTS RALLY.
 
Pada tahun 2012, ASEAN merayakan ulang tahunnya yang ke 45, dan tahun ke 6 CHINA-ASEAN INTERNATIONAL TOURING ASSEMBLY & CHINA-ASEAN JOURNALISTS RALLY telah berhasil dilaksanakan bulan September 2012. Salah satu peserta CHINA ASEAN RALLY ini adalah DR Nurdin Purnomo dari Indonesia yang merupakan salah satu pendiri dan Pembina FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) pada tahun 2000.
 
CHINA-ASEAN INTERNATIONAL TOURING ASSEMBLY & CHINA-ASEAN JOURNALISTS RALLY yang diadakan 6 – 27 September 2013 ini diikuti oleh 26 kendaraan dan 121 pengemudi, staff, media/ jurnalis dan official yang akan berally dari Nanning Guangxi RRT melewati Vietnam, Laos, Thailand, Malaysia,  Singapore dan Cambodia dan kembali ke Nanning Guangxi RRT.
 
Peserta Rally adalah berasal dari RRT, Vietnam, Laos, Thailand, Cambodia,  Malaysia, Singapore, Indonesia dan Brunei Darussalam. Kendaraannya dikirim melalui laut dan darat ke Nanning Guangxi RRT; dan untuk pertama kalinya Brunei Darussalam mengirim media.
 
Pada pidato pembukaan CHINA-ASEAN INTERNATIONAL TOURING ASSEMBLY & CHINA-ASEAN JOURNALISTS RALLY Mr Danny Chian Siong Lee, Director Community Affairs Development ASEAN Secretariat menyampaikan kegembiraanya berada kembali diantara para peserta CHINA ASEAN RALLY yang merupakan ke 2 kalinya menyampaikan pidato pada acara pembukaan dan pelepasan peserta CHINA ASEAN RALLY setelah tahun lalu yang dihadirinya.
 
China adalah partner perdagangan terbesar negara2 ASEAN dengan total jumlah nilai perdagangan yang ditargetkan lebih dari 5 Trliun USD di tahun 2015, dan jumlah tersebut akan tercapai sebelum tahun 2015 meningat perkembangan perdagangan yang terjadi saat ini.
 
China-ASEAN Rally berperan sangat penting dan istimewa dalam hubungan ini, mengingat tanggapan dari masyarakat terhadap kegiatan rally ini sangat tinggi. Seperti yang teman saya pernah sampaikan, Saya harap China-ASEAN Rally ini akan datang dapat singgah ke Indonesia yang merupakan Negara ASEAN terbesar penduduknya.
 
Pada kesempatan itu pula, Danny menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setingi-tingginnya atas  Pemerintah Guangxi, dan Bidang-bidang Olahraga pemerintah yang terkait, Sekretariat CA Rally , para peserta, media dan semua pihak yang telah bekerja keras sehingga acara China ASEAN Rally ini menjadi acara tahunan yang sukses.
 
Mr Danny Chian Siong , Lee, Director Community Affairs Development ASEAN Secretariat memberikan pidato saat pembukaan CAITA 2013 didampingi para pejabat olahraga diantaranya Mr Chen Liji Vice Director the sports Administration of Guangxi Zhuang Autonomouus Region dll, di depan Stadium Nanning Guangxi RRT sebelum melepas para peserta CHINA ASEAN RALLY yang ke 7 Jum'at pagi 6 September 2013.
 
,
Wakil Gubernur Guangxi Zhuang Autonomouus Region, Ms. Li Khang memberikan kata sambutan sebelum membuka kegiatan tahunan China ASEAN International Touring Assembly & CHINA-ASEAN Journalist Rally
 
 
 
 
 
Salah satu jurnalis peserta CAITA 2013, Ripka Widjaja dari Indonesia, berphoto didepan kendaraan rally yang akan mengantarnya menjelajahi
7 negara selama 22 hari yaitu : RRT, Vietnam, Laos, Thailand, Malaysia, Singapore dan Combodia.
 
 
 
 
Ripka Widjaja berphoto bersama Mr Chen Liji Vice Director the sports Administration of Guagzi Zhuang Autonomouus Region,
sesaat sebelum acara pembukaan CAITA Rally dimulai.
 
 
 
Prof DR Nurdin Purnomo yang tergabung dalam kelompok peserta Rally C berphoto bersama para peserta lain sesaat acara pembukaan China-ASEAN International Touring Assembly & China-ASEAN Journalist Rally akan dimulai.
 
 
 
 
 
Kendaraan pertama CA RALLY  dengan bendera CA- RALLY 2013 yang dipegang oleh Mr Thomas Ma, memasuki arena pembukaan  sekaligus menandakan pelepasan tim CA-RALLY dimulainya CHINA-ASEAN INTERNATIONAL TOURING ASSEMBLY & CHINA-ASEAN JOURNALISTS RALLY
 
 

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment