Sunday, February 10, 2013

Jangan Mendongak Kepala Saat Anak Mimisan, Lakukan Langkah Ini

Jangan Mendongak Kepala Saat Anak Mimisan, Lakukan Langkah IniMemang sedikit mengejutkan ketika melihat darah tiba-tiba mulai menetes keluar dari hidung anak. Yang perlu diingat jangan membiarkan anak mendongakkan (angkat wajah) kepalanya, tapi ikuti langkah-langkah berikut ini.

Mimisan atau istilah medisnya epistaksis merupakan kondisi seseorang ketika darah keluar dari hidungnya. Kemungkinan penyebabnya bisa bermacam-macam seperti kebiasaan mengorek hidung yang mengakibatkan terjadinya kekeringan pada selaput lendir ataupun demam yang terlalu tinggi.

Kebiasaan orang saat mimisan mendongakkan kepalanya, maksudnya agar darah tak terus keluar, tapi hal itu justru berbahaya karena darah yang seharusnya keluar malah masuk atau tertelan ke tenggorokan yang bisa bikin mual atau susah napas.

Dr Glen Ward, seorang dokter anak di Surrey, yang juga ketua penelitian The Canadian Paediatric Society Public Education Advisory Committee, mengatakan kalau sebagian besar masalah mimisan bukan masalah besar namun, tidak ada salahnya untuk mengecek seberapa sering dan berapa lama anak Anda mimisan.

Jika mimisan yang anak Anda alami jarang terjadi, mungkin mimisan diakibatkan oleh udara kering atau alergi yang menyebabkan hidung anak gatal sehingga anak mengorek hidung terlalu dalam.

Di negara Kanada, mimisan sering terjadi ketika udara kering tapi Ward mengatakan kalau udara lembab dapat memperburuk alergi dan menyebabkan mimisan juga.

"Sadari tingkat kelembaban di rumah Anda dan temukan keseimbangan yang tepat untuk keluarga Anda." kata Ward.

"Jika hidung anak Anda mulai mimisan, langkah pertama yang paling penting adalah tidak panik," jelas Ward.

No comments:

Post a Comment