Wednesday, September 4, 2013

[batavia-news] Listrik Jawa Tengah dan Yogya Padam Semalam

 

 
 
 
 
Listrik Jawa Tengah dan Yogya Padam Semalam
SU Herdjoko | Rabu, 04 September 2013 - 12:16:49 WIB
: 62


(dok/Ist)
Pelayanan laporan dari masyarakat di Polrestabes Semarang juga tidak bisa ditangani maksimal.

SEMARANG- Sebagian besar wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta menderita kegelapan akibat padamnya listrik sejak Selasa sore hingga malam hari (3/9). SH dalam perjalanan dari Yogyakarta ke Semarang harus melaju di tengah kegelapan malam.

Lampu-lampu penerangan jalan padam. Beberapa toko listrinya menyala karena mereka memiliki generator listrik sendiri. Sekitar 70 persen kawasan Jateng - Yogya memang mengalami padam listrik sejak pukul 16.20 WIB akibat gangguan jaringan di Ungaran, Kabupaten Semarang.

"Warung makan saya menjadi sepi. Padahal biasanya ramai.  Biasanya saya menggunakan listrik milik rumah sebelah," kata Wardoyo, pemilik warung makan tenda di pinggiran jalan di Magelang, Selasa malam.

Wardoyo tidak menyangka listrik bakal padam hingga malam hari. Oleh karena itu dengan penerangan seadanya ia berusaha meneruskan kerja di warungnya. Sementara toko-toko swalayan seperti Indomart ataupun Alfamart tetap terang benderang karena mereka memiliki generator sendiri. Listrik baru menyala lagi sekitar pukul 22.00 WIB.

Kepala Humas PT PLN Bambang Dwiyanto menjelaskan, dari rencana beban puncak di wilauah Jateng dan Yogya sebesar 2.300 Mega Watt (MW), 1.620 MW di antaranya mengalami pemadaman/

Deputi Majaner Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jateng dan DIY Supriyono menjelaskan, padamnya listrik itu akibat putusnya putus trip trafo di Ungaran, atau istilahnya kehingan daya. Akibat kehilangan daya itu, maka sebesar 1.620 MW listrik yang seharusnya mengalir di Jateng dan Yogya menjadi padam.

Dalam kondisi normal, daya listrik di pelanggan ada 2.850 MW dan beban puncaknya 3.100 MW. Dari beban normal kemarin yang hilang 1.620 MW. Wilayah yang padam adalah di Jateng utara mulai Tegal hingga Cepu.

Akibat padamnya listrik itu memang mengganggu beberapa sentra pelayanan masyarakat. Sebagai contoh adalah kawasan RS dr Kariadi Semarang sempat gelap. Namun rumah sakit itu memiliki generator sendiri sehingga untuk ruang-ruang vital tetap mendapat aliran listrik dari genset.

Lampu merah hampir di seluruh kawasan yang terganggu listrinya juga ikut tidak berfungsi. Lalu-lintas sempat mengalami keruwetan di Kota Semarang. Pelayanan laporan dari masyarakat di Polrestabes Semarang juga tidak bisa ditangani maksimal karena gangguan listrik itu.

Sumber : Sinar Harapan

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment