Monday, September 2, 2013

[media-jabar] Rekomendasi Tayangan Bulan September 2013: Khazanah Islam (TV One)

 

Rekomendasi Bulan Ini: Khazanah Islam (TV One)

TV One, Sabtu dan Minggu pukul 16.30 WITA
 Khazanah Islam adalah sebuah feature yang mengulas perkembangan Islam di kepulauan Indonesia. Dalam tayangan tersebut, Nuri Maulida memandu kita selama 60 menit penayangan dalam menelusuri informasi sejarah dan kebudayaan Islam melalui narasumber-narasumber terpilih.
 Berbeda dari tayangan sejenis yang sering berlarut-larut memperbincangkan tradisi Islam di Timur Tengah, Khazanah Islam berusaha menjadikan sejarah dan kebudayaan Islam di Indonesia sebagai santapan utama. Dengan cara ini, Khazanah Islam memberikan pendasaran historis bagi pengalaman dan realitas keislaman di Indonesia hari ini. MelaluiKhazanah Islam, Islam tidak tampil pada kita sebagai seperangkat dogma tentang apa yang boleh dan tidak boleh; Islam tidak muncul dan berkembang di Indonesia sebagai sebuah keajaiban, melainkan sebagai proses sejarah yang melibatkan kerja politik-ekonomi-kebudayaan manusia. Dengan menyajikan Islam sebagai sebuah realitas yang menyejarah, diiringi oleh proses akulturasi sedemikian rupa, cakrawala keragaman pemahaman Islam menjadi terbuka.
Namun demikian, tayangan ini bukan tanpa cela. Footage yang menemani narasi tidak bervariasi, bahkan cenderung membosankan. Narasumber yang dipilih pun bukan pembicara yang baik dan terkesan formal. Narasi yang disuguhkan cenderung statis, padahal "bahan baku" sejarah bisa diolah menjadi lebih menarik. Teknik penggarapan yang terlalu kaku malah mengganggu pengalaman menyaksikan tayangan ini.
 Baca selengkapnya >> www.remotivi.or.id
--
REMOTIVI
"Hidupkan Televisimu, Hidupkan Pikiranmu"
www.remotivi.or.idTwitter | Facebook


Remotivi adalah sebuah inisiatif warga untuk kerja pemantauan tayangan televisi di Indonesia. Cakupan kerjanya turut meliputi aktivitas pendidikan melek media dan advokasi yang bertujuan (1) mengembangkan tingkat kemelekmediaan masyarakat, (2) menumbuhkan, mengelola, dan merawat sikap kritis masyarakat terhadap televisi, dan (3) mendorong profesionalisme pekerja televisi untuk menghasilkan tayangan yang bermutu, sehat, dan mendidik.

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment