Saturday, September 7, 2013

[batavia-news] Pendeta GMII Ditangkap di Aceh

 

 
 
Pendeta GMII Ditangkap di Aceh
Junaidi Hanafiah | Sabtu, 07 September 2013 - 10:45:56 WIB
: 287


(dok/ist)
Ilustrasi.
Ia diduga melakukan kristenisasi.

BANDA ACEH - Satuan Polisi Pamong Prajra dan Wilayatul Hisbah (Satpop PP/WH) Kabupaten Aceh Barat Provinsi Aceh, Rabu (4/9) malam, menangkap lima warga yang diduga melakukan kristenisasi di sejumlah tempat di bumi Teungku Umar tersebut.

Kepala Bimbingan Masyarakat Katolik Kantor Wilayah Departeman Agama Provinsi Aceh, Baron Ferryson Pandiangan kepada SH, Jumat (6/9), membenarkan penangkapan terhadap lima warga kristen di Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat.
 
Salah satunya yang ditangkap adalah Hendri Budi Kusomo yang diketahui pendeta dari Gereja Misi Injil Indonesia (GMII).  

"Laporan yang sama diterima dari Aceh Barat. Mereka dijemput polisi di rumah karena diduga melakukan pengaruh terhadap masyarakat di sana," ujarnya.

Dia mengaku, Hendri memang pendeta dari GMII namun masih baru. Selama ini, mereka juga mengajar privat di Aceh Barat. "Tetapi saya tidak tahu jika apakah benar mereka memang melakukan kristenisasi di sana," Baron menambahkan.

SH juga telah berusaha mengonfirmasi penangkapan lima warga beragama Kristen tersebut kepada Kepala Satpol PP dan WH Aceh Barat, HT Samsul Alam, namun hingga saat ini telepon tidak dijawab.

Keterangan yang diterima SH menyebutkan, penggerebekan rumah yang terletak di Desa Blang Pulo, Kecamatan Johan Pahlawan, tempat lima orang tersebut tinggal, dilakukan oleh Satpol PP dan WH Aceh Barat sekitar pukul 21.00 WIB.

Saat penggerebekan, Satpol PP dan WH juga menangkap dua warga setempat yang sedang berada dalam rumah itu. Salah seorang dari lima warga non-Aceh tersebut diketahui bernama Hendri Budi Kusomo yang juga berprofesi sebagai pendeta. Hendri juga yang menyewa rumah sebagai tempat tinggal bersama istrinya.

"Saya dengar dari tujuh orang yang ditangkap oleh WH tersebut, salah seorang merupakan seorang pendeta, empat lainnya warga beragama Kristen. Sementara dua lainnya masyarakat Aceh Barat yang beragama Islam," kata salah seorang warga Johan Pahlawan, Hamdani, Kamis (5/9).

Dia menyebutkan, kabar yang tersiar di Kecamatan Johan Pahlawan, pendeta dan empat orang yang beragama Kristen sedang melakukan upaya kristenisasi di sejumlah daerah di Aceh Barat, Aceh Jaya, dan Nagan Raya.
 
"Hingga saat ini, lima warga luar Aceh dan dua warga Aceh Barat itu, masih ditahan oleh Satpol PP dan WH untuk pemeriksaan. Saya dengan sudah banyak juga orang yang dipengaruhi agar pindah agama," katanya.

Dia menambahkan, personel Satpol PP dan WH yang datang ke sini mengatakan, informasi yang mereka dapat dari sejumlah warga yang tidak berhasil dipengaruhi, Hendri bersama rekan-rekannya saat memengaruhi warga menjanjikan uang puluhan juta rupiah. "Banyak juga yang telah mereka pengaruhi," sambungnya
 
 
 

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment