Wednesday, March 26, 2014

[batavia-news] Tambang Emas Tetap Beroperasi

 

 
 

gunung botakNAMLEA, AE - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru telah berupaya untuk mendapatkan Izin Pertambangan Rakyat (IPR) dalam kurun waktu kurang le­bih dua tahun. Namun, mas­yarakat Buru terutama masyarakat yang ada di lokasi tambang emas Gunung Botak terkesan tidak menerima dan ingin membangkang.

Hal itu terlihat dengan adanya perintah Bupati Buru untuk mengosongkan lokasi tambang dari segala aktifitas manusia maupun mesin. Namun yang terjadi tidak seperti dengan keinginan. Kendati sudah dilakukan pengosongan, namun lokasi tambang tampak kosong hanya pada siang hari. Sementara pada malam hari, aktifitas dilakukan kembali.

Bukan hanya itu, penjualan karcis juga sudah kembali dibuka tiga hari pasca penertiban. Penjualan itu dilakukan oleh masyarakat adat yang ada di Desa Dava, tepatnya dibelakang pos pengamanan Dava maupun di Dusun Anhoni.

Dengan begitu, ketidakpastian serta kurangnya penghargaan kepada pemerintah daerah juga mulai terlihat. Pengamanan yang berada di lokasi tambang juga terkesan tidak dilakukan maksimal. Ada upaya pembiaran agar aktifitas pertambangan tetap berjalan.

Kepala Dinas Pertambangan Buru, Umat Muhammad mengatakan, dirinya juga sudah mendengar informasi terkait hal itu. Dia mengaku, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak keamanan dalam hal ini TNI/Polri agar bisa menangkap orang-orang yang melakukan penjualan karcis sebelum waktu pengosongan dicabut.

Dia mengatakan, lokasi tambang yang sudah ada IPR tersebut akan di tata agar masyarakat dapat menikmati hasil pertambangan di Buru. Menurutnya, setiap koperasi yang sudah memenuhi persyaratan akan mendapat jatah penjualan karcil dan Dinas Pertambangan akan meregistrasi dan memberi nomor di kartu penambang.

''Kami minta agar pengurus koperasi segera melakukan percepatan pengurusan supaya seluruh urusan pertambangan dapat dijalankan sebaik mungkin,'' katanya.(CR8)

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment