Thursday, May 9, 2013

[batavia-news] Pemerintah Pangkas Izin Penghambat Investasi

 

Ref: Apakah yang dimaksudkan dengan pangkas izin penghambat investasi arti pintu masuk penanam modal dibuka selebar-lebarnya dengan banyak syarat yang menguntungkan investor?
 
 

Pemerintah Pangkas Izin Penghambat Investasi

Pemerintah Pangkas Izin Penghambat Investasi

Chatib Basri. ANTARA/Dhoni Setiawan

TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Chatib Basri mengatakan investasi masih bisa menjadi andalan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Menurut dia, Indonesia masih menjadi tujuan utama para investor.

"Sebetulnya tidak usah teralu pesimis. Mungkin bisa terjadi perlambatan, tapi tidak akan disaster. Kalau orang bilang momentumnya hilang, saya rasa tidak," kata Chatib di Kantor Presiden, Rabu, 8 Mei 2013.

Chatib menambahkan pihaknya akan mendorong agar investasi terus masuk ke Indonesia dengan langkah seperti memperpendek alur perizinan yang kerap dikeluhkan para investor. Salah satu langkah yang dilakukan adalah memangkas formulir permohonan investasi dari 38 menjadi 15 formulir.

"Kemudian kami akan revisi aturan DNI. Ini kami lakukan prosesnya agar lebih ramah kepada investasi. Online tracking akan kami extend ke kementerian lain dan daerah," kata Chatib.

Chatib menyatakan pihaknya tengah memperluas online tracking dan sudah membicarakanya dengan Menteri Perdagangan dan Kementerian Hukum dan HAM untuk membentuk tim easy doing business.

"Saya bertemu Dirjen kalau investor ngeluh karena periodenya panjang, paymentnya dan jumlah administratifnya banyak. Jadi apa yang bisa dipangkas," katanya.

Selain itu, Chatib juga bertemu dengan PT PLN untuk membicarakan masalah listrik dan dengan Gubernur Bank Indonesia terkait masalah untuk mendapatkan kredit lebih gampang. "Ini pasti butuh waktu."

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta agar investasi digenjot untuk menutupi kinerja ekspor yang masih lemah akibat gejolak krisis ekonomi dunia. Menurut dia, semua pihak harus menjaga agar iklim investasi dengan mengurangi perizinan yang tidak perlu. "Perbaiki iklim investasi dan perizinan," katanya.

Kepala Ekonom PT Bank Mandiri, Destry Damayanti, mengaku yakin investasi masih bisa menjadi andalan di Indonesia. Meskipun akan sedikit terjadi pelambatan, kontribusi investasi terhadap pertumbuhan masih cukup besar.

"Share-nya terhadap GDP 32 persen. Tapi memang banyak hal yang perlu diperbaiki, seperti infrastruktur dan perizinan. Ini yang kerap dikeluhkan investor," katanya.

Sebagai catatan, realisasi investasi PMA dan PMDN selama tahun 2012 (Januari-Desember) mencapai Rp 313,2 triliun, tumbuh sebesar 24,6 persen dibanding realisasi investasi tahun 2011 sebesar Rp251,3 triliun. Sementara realisasi investasi pada kuartal pertama (Januari-Maret) 2013 tercatat sebesar Rp93 triliun atau tumbuh 30,6 persen dibanding periode yang sama pada 2012. Realisasi investasi tersebut baru mencapai 23 persen dari target investasi pada 2013 sebesar Rp390,3 triliun.

ANGGA SUKMA WIJAY

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment