Thursday, October 31, 2013

[batavia-news] MUI: Indonesia berpotensi kembangkan wisata syariah + Indonesia tawarkan sembilan destinasi wisata syariah

 

res : Wah! Kalau MUI dan Departemen Agama (Depag) turut bikin bisnis wisata syariah bisa dapat banyak fulus dari mereka yang memiliki petro dolar.
 

MUI: Indonesia berpotensi kembangkan wisata syariah

Rabu, 30 Oktober 2013 16:47 WIB |

Produk halal, salah satu faktor pendukung potensi wisata syariah di Indonesia. (FOTO ANTARA/Andika Wahyu)

karena populasi muslim di Indonesia sangat besar, sekitar 209 juta orang"

 
Jakarta (ANTARA News) - Indonesia berpotensi besar dalam penyelenggaraan wisata syariah mengingat sebagian besar penduduknya adalah muslim.

Direktur LP POM Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lukmanul Hakim dalam Forum Halal Global di Jakarta Rabu mengatakan, selain populasi muslim, potensi wisata syariah di Indonesia itu juga bisa dilihat dari beberapa hal lainnya yang mendukung.

Di antaranya, tren meningkatnya konsumsi produk halal, naiknya jumlah perbankan syariah dalam lima tahun terakhir, indeks kesadaran produk halal yang juga naik 70 persen dari 2009 menjadi 92 persen pada 2010, serta jumlah produk bersetifikat halal yang naik 100 persen dalam kurun waktu
2009 – 2010.

"Kurangnya kesadaran dari para pelaku industri pariwisata membuat wisata syariah sebagai nilai jual, karena populasi muslim di Indonesia sangat besar, sekitar 209 juta orang. Ini peluang," katanya.

Menurut Lukman, Islam sangat mempengaruhi kultur hidup orang-orang Indonesia sehingga wacana penerapan pariwisata syariah sangat besar potensinya untuk berkembang.

Dia menjelaskan, pada 2011, wisatawan muslim dunia menghabiskan 126 miliar dolar AS untuk berwisata dan hanya sebesar 1,53 juta dolar AS yang dihabiskan di Indonesia.

 "Ini berarti kesempatan besar untuk meningkatkan wisata syariah di Indonesia" katanya.

Terlebih, Lukman menambahkan, Indonesia memiliki banyak potensi berupa pemandangan alam yang bagus dengan 17.100 pulau dan 742 bahasa. Selain itu, Indonesia yang berpenduduk 250 juta orang merupakan negara kepulauan terbesar dengan panjang 5.120 km dari barat ke timur dan 1.760 km dari utara ke selatan.

Dalam pariwisata syariah, menurut dia, diperlukan beberapa aspek utama yakni ketersediaan makanan halal, fasilitas ibadah yang memadai, pelayanan buka puasa selama Ramadhan serta adanya pembatasan aktivitas-aktivitas yang tidak sesuai dengan syariah.

Indonesia menawarkan sembilan destinasi wisata syariah, yakni Sumatera Barat, Riau, Lampung, Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Lombok, dan Makassar. Penetapan destinasi wisata syariah tersebut merupakan persiapan menjelang peluncuran produk wisata syariah tahun 2014.

Editor: Suryanto

 
 
 

Indonesia tawarkan sembilan destinasi wisata syariah

Rabu, 30 Oktober 2013 14:50 WIB |

Rangkaian kereta yang ditarik lokomotif uap tua "Mak Itam" melintas di tepi Danau Singkarak, Solok, Sumatera Barat, Minggu (3/6). Sumatera Barat ditetapkan sebagai salah satu tujuan wisaya syariah.(FOTO ANTARA/Ismar Patrizki)

 
Jakarta (ANTARA News) – Indonesia menawarkan sembilan destinasi wisata syariah, yakni Sumatera Barat, Riau, Lampung, Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Lombok, dan Makassar.

"Pada tahap awal, ada sembilan wilayah yang kita tawarkan sebagai destinasi wisata Islam," kata Dirjen Pemasaran Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Esthy Reko Astuti di sela Forum Halal Global di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, penetapan wilayah-wilayah tujuan wisata syariah tersebut dilakukan berdasarkan kesiapan sumber daya manusia, kultur masyarakat setempat, produk-produk wisata daerah, dan akomodasi wisata.

Penetapan destinasi
wisata syariah tersebut, kata dia, merupakan persiapan menjelang peluncuran produk wisata syariah tahun 2014.

Dia menjelaskan, pariwisata syariah bukan hanya meliputi keberadaan tempat wisata ziarah dan religi saja namun juga mencakup ketersediaan fasilitas pendukung seperti restoran dan hotel yang menyediakan makanan halal dan tempat shalat.

Esthy menjelaskan pula bahwa tahun 2010, Indonesia menerima kunjungan tujuh juta wisatawan dan 17 persen di antaranya merupakan wisatawan Muslim.

"Dengan promosi lebih aktif tentang wisata syariah, diharapkan kunjungan turis muslim bisa naik menjadi 20 persen sampai 25 persen pada 2014-2015," katanya.

Ia juga berharap Forum Halal Global bisa menjadi salah satu ajang sosialisasi produk wisata syariah Indonesia kepada para pelaku industri wisata, termasuk pelaku dari Malaysia dan Arab Saudi, yang hadir dalam forum tersebut.

Editor: Maryati

COPYRIGHT © 2013

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment