Saturday, November 2, 2013

[batavia-news] Buruh Karawang Tolak Mogok Nasional

 

 
 
Buruh Karawang Tolak Mogok Nasional
Widjil Purnomo | Selasa, 29 Oktober 2013 - 16:48 WIB
: 10566


(SH/Don Peter)
Aksi buruh perempuan di bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, beberapa waktu lalu.
Sebanyak 10 federasi buruh Karawang yang tergabung dalam ABK menandatangani deklarasi damai.

KARAWANG- Para federasi buruh yang tergabung dalam Aliansi Besar Karawang (ABK) sepakat tidak akan melakukan unjuk rasa nasional, serta kegiatan lain yang mengganggu aktivitas perusahaan, serta kepentingan umum terkait pembahasan kenaikan UMK. Mereka merasa, persoalan kenaikan Upah Minimum Kabupaten bisa diselesaikan sesuai mekanisme dan peraturan yang berlaku.

Sikap para buruh Kabupatan Karawang itu tertuang dalam deklarasi damai yang mereka lakukan di halaman Kantor Bupati Karawang, Senin (28/19). Sebanyak 10 federasi buruh Karawang yang tergabung dalam ABK menandatangani deklarasi yang juga ditandatangani oleh Bupati Karawang, Ketua Apindo Karawang dan disaksikan oleh Ketua DPRD, Kapolres, Dandim, serta tokoh masyarakat Karawang.

"Kami mengapresiasi dan sangat menghargai deklarasi damai para buruh yang tergabung dalam Aliansi Besar Karawang maupun dunia usaha yang diwakili Apindo. Ini merupakan langkah yang positif dalam menciptakan Kabupaten Karawang yang kondusif untuk dunia usaha," kata Bupati Karawang,H. Ade Swara kepada SH, usai deklarasi tersebut, di Karawang.

Dikatakan bupati, pihak pemerintah daerah senantiasi menjembatani secara baik kepentingan buruh dan dunia usaha terkait dengan pembahasan UMK di Karawang.Pasalnya, Karawang merupakan salah satu daerah yang merupakan basis produksi industri manufaktur nasional.

"Kesepakatan UMK di Kabupaten Karawangsangat strategis untuk menopang stabilitas dunia usaha. Dan yang paling penting, semua pihak sama-sama berharap ada perbaikan dalam upah minimum dengan tetap mempertahankan iklim yang kondusif bagi dunia usaha. Kami berharap deklarasi damai di Karawang ini bisa diikuti oleh daerah-daerah lain," tutur Ade Swara.

Dalam deklarasi damai tersebut, Apindo Karawang sepakat akan menaikkan upah para buruh pada 2014 mendatang.Para buruh menerima kenaikan tersebut dan mekanismenya diserahkan kepada Dewan Pengupahan Kabupaten Karawang yang mengacu kepada ketentuan perundangan yang berlaku.

Juru Bicara ABK, Abda Khair Mufti menegaskan, melalui deklarasi ini, para buruh sepakat untuk menciptakan hubungan kerjasama yang baik, saling menghormati dan menghargai, serta siap bersinergi dengan pemangku kepentingan dunia usaha, baik dari kalangan pengusaha, pemerintah daerah, parlemen, serta elemen masyarakat industri Karawang.

"Ajakan mogok nasional yang disuarakan oleh para elit buruh di Jakarta sangat tidak relevan dengan kondisi riil yang ada di lapangan, khususnya di Karawang. Tidak ada alasan bagi kami di Karawang mengikuti jejak mereka untuk mogok nasional karena mekanisme penyelesaian perbedaan maupun perselisihan ketenagakerjaan sudah berjalan sesuai dengan kesepakatan bersama,"ucap Abda.

Disebutkan, federasi butuh yang yang tergabung dalam ABK juga ingin menunjukkan bawah buruh bisa berpartisipasi dalam menciptakan keamanan, ketentraman dan kenyamanan bagi pelaku usaha, pekerja, maupun lingkungan masyarakat.

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment