Saturday, November 2, 2013

[batavia-news] 150 Pelajar Wisata Sejarah ke Museum

 

 
 

150 Pelajar Wisata Sejarah ke Museum

Artikel dimuat pada: Hari ini, 03 Nov 2013, 01:33:00 WIB
 
gambar_berita

(Antara/ Ujang Zaelani) KUNJUNGI MUSEUM: Pemandu wisata Maruri Kotu (kanan) menjelaskan kepada anak-anak peserta wisata sejarah di Museum Bahari, Jakarta, Sabtu (2/11). Wisata sejarah dalam rangka Hari Pahlawan yang diikuti pelajar SD, SMP dan SMU itu mengunjungi Museum Bahari, Museum Sejarah dan Museum Wayang.

 

Jakarta, (Analisa). Sebanyak 150 pelajar jenjang pendidikan SMP dan SMA di Jakarta, berwisata sejarah ke museum dalam rangka peringatan Hari Pahlawan.

 "Kita ingin agar generasi muda bisa mendalami, menghayati, dan melihat siapa saja para pejuang dan diharapkan bisa mewarisi semangat para pahlawan," kata Ketua Umum Panitia Pusat Hari Pahlawan Bambang Sulistomo di Jakarta, Sabtu.

 Para pelajar tersebut akan berwisata ke Museum Bahari, Museum Wayang, dan Museum Seni Rupa.

 Selain pelajar, wisata sejarah juga diikuti perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Satgas Kesetiakawanan Sosial, panti asuhan, serta Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

 Menurut Bambang, wisata sejarah penting diikuti para pelajar karena kondisi generasi muda saat ini mengalami degradasi nilai dan perilaku.

 Kerap kali, katanya, terjadi kasus pelecehan terhadap siswa, tawuran yang menjurus pada tindak kriminal, dan berbagai masalah lainnya antara lain karena kurang paham mereka terhadap sejarah.

 "Itu semua harus dicegah melalui pendidikan karakter, jika ada pendidikan karakter yang bisa dicontoh dari perjuangan para pahlawan," katanya.

 Ia mengemukakan bahwa pahlawan mempunyai sifat berani dan tanpa pamrih sehingga pada masa mendatang generasi muda bisa bersatu padu menyelesaikan masalah bangsa, bukan malah menjadi beban bangsa.

 Hari Pahlawan diperingati setiap 10 November. Peringatan tersebut pada 2013 mengambil tema "Pahlawanku Idolaku" menjadi momentum untuk meneladani jiwa dan nilai-nilai kepahlawanan.

 Tema yang diangkat itu meskipun singkat, katanya, mengandung makna besar dengan harapan generasi muda betul-betul mengenal dan meneladani para pahlawan.

 Ia mengatakan peringatan itu bukan hanya bersifat seremonial melalui upacara Hari Pahlawan.

 Akan tetapi, katanya, pengenalan para pahlawan dilakukan melalui berbagai kegiatan dalam forum publikasi, sosialisasi untuk mengenalkan para pahlawan kepada mahasiswa dan siswa. (Ant)

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment