Thursday, December 26, 2013

[batavia-news] Kejahatan HAM Bermetamorfosis Jadi Korupsi Sistematik

 

 
 
Kejahatan HAM Bermetamorfosis Jadi Korupsi Sistematik
Jumat, 27 Desember 2013 - 08:25 WIB
: 6


(Foto/Ist)
Dewi Keadilan
Apabila penegakan hukum di suatu negara tidak bisa diciptakan, kewibawaan negara pun runtuh.

YOGYAKARTA - Penegakan hukum merupakan kewibawaan suatu negara. Karenanya, perlu tindakan tegas untuk menegakkan hukum.  Sayangnya, penegakan hukum di Indonesia cukup memprihatinkan terutama tindak pidana korupsi yang bersifat sistemik dan memunculkan banyak ketidakadilan bagi masyarakat. Korupsi ini, menurutnya, adalah metamorfosis dari kejahatan Hak Asasi Manusia (HAM).

"Hingga 2013 kejahatan hak asasi manusia bermetamorfosis menjadi perampasan hak-hak ekonomi dan sosial milik rakyat melalui gurita korupsi politik yang endemik. Korupsi sudah merayap ke berbagai sektor dan instansi di Indonesia yang tentu menghancurkan moral bangsa," kata Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung Artidjo Alkostar, pada refleksi akhir tahun bertema 'Penegakan Hukum: Antara Cita dan Fakta', di Yogyakarta, Kamis (26/12).

Ia juga mengatakan, seorang penegak hukum dituntut untuk menambah dan memaksimalkan pengetahuan hukum, meningkatkan "skill" berupa "legal technical capacity", dan yang paling penting adalah memiliki integritas moral untuk menegakkan hukum.

"Apabila penegakan hukum di suatu negara tidak bisa diciptakan maka kewibawaan negara tersebut pun runtuh,"imbuhnya.

Sementara, pakar hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) Eddy OS Hiariej mengatakan ada empat faktor yang harus dimiliki untuk menegakkan hukum. Keempatnya adalah undang-undang, profesionalisme penegak hukum, sarana dan prasarana hukum, dan budaya hukum masyarakat.

"Keempat hal tersebut belum dimiliki oleh Indonesia. Bagaimana para penegak hukum bisa profesional jika dalam pola rekrutmen penegak hukum saja sudah rusak, praktik sogok menyogok untuk menjadi aparat hukum sudah menjadi rahasia umum," katanya.

Menurut dia, kesadaran hukum masyarakat tidak terlepas dari sistem hukum, maka para penegak hukum harus menjadi contoh bagi masyarakat dalam menegakkan hukum. Selain itu, karut-marut undang-undang juga merupakan hal yang harus diperbaiki di Indonesia.


I am using the Free version of SPAMfighter.
SPAMfighter has removed 1850 of my spam emails to date.

Do you have a slow PC? Try a free scan!

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment