Monday, December 23, 2013

[batavia-news] Korupsi Menteri Dahlan di Sumur Minyak Pertamina

 

 
 
 Korupsi Menteri Dahlan di Sumur Minyak Pertamina
KSO Pertamina EP - GCI

Korupsi Menteri Dahlan di Sumur Minyak Pertamina

HUKUM & KRIMINAL | December 23, 2013 15:51:37 | Dibaca:1395 kali
ASATUNEWS - Pesan singkat ke Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa tak berbalas jawab. Pesan singkat yang dikirim asatunews.com kepada sang menteri untuk meminta konfirmasi keterlibatan Muhammad Husain Direktur Hulu PT. Pertamina (Persero) yang dituding melakukan kolusi dengan PT. Geo Cepu Indonesia (GCI) bermodus Kerja Sama Operasional (KSO) untuk pengerjaan Enhanced Oil Recovery (EOR) Project terhadap 40 sumur minyak yang selama ini dikelola oleh  PT. Pertamina EP (PEP). Husain dituding membantu memuluskan KSO sarat muatan KKN itu sehingga berpotensi merugikan negara sekitar Rp. 39 triliun.

KSO EOR PEP dan GCI yang ditentang oleh  pekerja Pertamina itu, dapat berlangsung mulus karena campur tangan Husain, dengan mengubah Pedoman Pokok Kerjasama Hulu Pertamina. Asatunewscom yang mencoba menghubungi Husain, mantan asisten deputi Kemenko Perekonomian, namun gagal karena  telepon selulernya tidak aktif.


Pekerja Pertamina melalui Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) menolak keras  adanya Kerjasama Operasi (KSO) Pertamina EP dengan perusahan migas asal Cina Daqing Oilfield Company  Ltd dan PT Geo Cepu Indonesia dalam proyek pengurasan minyak tahap lanjut alias Enhanced Oil Recovery (EOR). Bahkan mereka akan melawan kebijakan yang dibuat oleh Direktur Hulu Pertamina Muhammad Husain.

Seperti diketahui, Pertamina EP akan melakukan proyek EOR di  40 lapangan minyak dan gas bumi (migas) di Pertamina EP dalam waktu dekat dengan dalih untuk meningkatkan produksi migas Pertamina EP yang umumnya memang sudah uzur. Menurut Presiden Serikat Pekerja Pertamina Bersatu Ugan Gandar, KSO bukanlah sesuatu yang haram dan biasa dalam dunia bisnis.

Meski demikian,  pekerja Pertamina menolak jika sumur atau struktur migas yang menjadi tulang punggung atau 'backbone' Pertamina EP di KSO kan. "Tetapi kalau struktur-struktur andalan atau yang menjadi backbone kami di Pertamina EP yang di KSO kan, kami tersinggung," tegas Ugan kepada Asatunewscom Nopember 2013 lalu.

Ugan berharap agar Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan tidak melakukan tekanan terhadap Pertamina. Karena sudah tidak saatnya lagi menteri melakukan tekanan. Dia menilai, pekerja Pertamina melihat adanya indikasi korupsi kolusi dan nepotisme dalam KSO proyek EOR ini.

Misalnya, kata dia, pembentukan brigade 100 k dan 200 K oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan dikondisikan sedemikain rupa, sehingga Pertamina EP harus melakukan proyek EOR dan otomatis akan ada KSO dengan kontraktor migas asal Cina Daqing dan perusahan lokal PT Geo Cepu Indonesia.

Brigade 100 k adalah satuan tugas di Pertamina yang dibentuk oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan untuk meningkatkan produksi panas bumi, sedangkan Brigade 200 adalah satgas yang dibentuk untuk meningkatkan produksi migas. "Pekerja Pertamina menilai tengat waktu dan target produksi yang dibebankan oleh menteri BUMN tidak realistis," ungakp dia.

Kebijakan KSO oleh Direksi Pertamina sangat bertentangan dengan perjuangan Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu dan elemen anak bangsa lain untuk merebut kedaulatan atas industri migas Indonesia.

Sementara itu, Manager Humas Pertamina EP Agus Amperianto mengungkapkan, agar sebaiknya Direktur Hulu pertamina menjelaskan kepada pekerja Pertamina terkait langkah KSO proyek EOR dengan Daqing Oilfield Company Ltd dan PT Geo Cepu Indonesia. Sebab selama ini Pertamina sendiri mampu untuk meningkatkan produksi pada sumur-sumur tua tersebut, tentu kementerian BUMN memiliki pertimbangan sendiri terkait peningkatan dan percepatan pendapatan negara.

Sikap ngotot Menteri BUMN Dahlan Iskan menekan Direksi PT. Pertamina (Persero) untuk menyetujui KSO PEP dengan GCI (Geo Minergy Grup) yang sangat merugikan negara itu didasarkan pada kolusi dan nepotisme. Terbukti dari fakta bahwa Gunawan Hadi Saputro Direktur  PT. Geo Cepu Indonesia adalah teman karib Dahlan sejak keduanya mengelola PT. Petrogas Wirajatim Utama, dimana Gunawan sebagai General Manager, sedang Dahlan sebagai Direktur Utama.Joy.P/ASN-016


I am using the Free version of SPAMfighter.
SPAMfighter has removed 1656 of my spam emails to date.

Do you have a slow PC? Try a free scan!

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment