Tuesday, December 31, 2013

[batavia-news] SBY Bantah Lindungi Dahlan Iskan

 

res : Tidak ada anggota rezim Neo-Mojopahit yang tidak korupsi, seperti kata pepatah : Tak ada gading yang tak retak"
 
 
 
KASUS KORUPSI
SBY Bantah Lindungi Dahlan Iskan


Dipo Alam, Sekretaris Kabinet

Selasa, 31 Desember 2013

JAKARTA (suara Karya): Tim kuasa hukum akun @TrioMacan2000 menyerahkan laporan tiga kasus yang diduga terkait Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan kepada Sekretaris Kabinet Dipo Alam, Senin (30/12), di kantor Sekretariat Kabinet, Jakarta.
Pertemuan Dipo dan pihak TrioMacan ini berawal dari saling berbalas tweet sehari sebelumnya. "Ada tiga laporan tertulis, data, dan fakta yang kami berikan ke Pak Dipo," ujar kuasa hukum TrioMacan2000 Irwandi Lubis, seusai pertemuan tertutup dengan Dipo Alam.
Pertemuan hanya berlangsung selama 15 menit. Tiga laporan itu, kata Irwandi, terdiri dari kasus dugaan korupsi di PLN pada tahun 2009-2010, penggelapan dana bencana alam, dan kasus korupsi PLTU Embalut, Kalimantan Timur.
Irwandi mengatakan, pihaknya juga menyerahkan sejumlah dokumen pendukung, seperti audit Badan Pemeriksa Keuangan terkait PLN tahun 2011 dan berkas pemeriksaan di Kejaksaan Jawa Timur terkait penggelapan dana bencana alam.
"Saat ini kasus itu (penggelapan dana bencana) masih tidak jelas, apakah lanjut atau SP3 di Kejaksaan Jawa Timur," ucap Irwandi.
Sementara itu, untuk kasus PLTU Embalut, Irwandi mengatakan, ada dugaan penipuan yang dilakukan oleh Dahlan Iskan. Dahlan disebutkan bertindak sebagai direktur utama perusahaan daerah dan menandatangani sejumlah dokumen, meski belum dilantik.
"Tanggal 23 Oktober, dia baru diangkat, tetapi tanggal 15 Oktober sudah ada tanda tangan Dahlan sebagai dirut perusahaan daerah itu. Ini ada penipuan, kenapa tidak diselidiki?," kata Irwandi.
Saat ditanyakan alasannya melapor kepada Seskab, bukan ke penegak hukum, Irwandi beralasan bahwa semua kasus tersebut sebenarnya sudah dilaporkan ke Polri dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
"Pak Dipo men-support, dan akan memberikan perkembangannya dalam waktu satu minggu ke depan. Semuanya ini kami sudah lapor ke Mabes Polri dan KPK. Penelusuran kami, kasus-kasus itu ada nama Pak Dahlan Iskan," ujarnya.
Dipo Alam sendiri di tempat yang sama membantah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melindungi Dahlan Iskan dari dugaan terlibat sejumlah kasus korupsi sebagaimana tudingan @TrioMacan2000 dalam tweet-nya.
"Saya mengatakan, saya pastikan tidak ada setoran dari Pak Dahlan Iskan kepada Pak Presiden, itu saya pastikan," kata Dipo.
Di dalam kicauannya, akun @TrioMacan2000 menyebut Presiden SBY sebenarnya telah mengetahui kasus-kasus yang membelit Dahlan Iskan, tetapi terkesan melindunginya.
@TrioMacan2000 juga mengungkapkan, Presiden SBY bisa dengan mudah mengangkat telepon dan menghubungi penegak hukum untuk mengamankan Dahlan. Atas sikap SBY ini, akun @TrioMacan2000 mencurigai ada tawaran khusus antara Dahlan Iskan dan SBY. SBY bahkan disebut menerima "cipratan" dana dari Dahlan.
Dipo menjelaskan, pada era Reformasi saat ini, tidak mungkin Presiden menelepon jaksa dan kepolisian untuk mengintervensi sebuah kasus.
Menurut Dipo, setelah menerima laporan dari kuasa hukum @TrioMacan2000, pemerintah akan memprosesnya. Pemerintah, lanjut Dipo, tak segan untuk menindaklanjutinya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia mengatakan, pemerintah pernah menyampaikan laporan dugaan korupsi di Kementerian Pertanian.
Saat diminta tanggapannya, Dahlan Iskan, yang ditemui usai mengikuti rapat kabinet terbatas di Istana Bogor, enggan mengomentari laporan @TrioMacan2000 yang menyebutnya terlibat dalam tiga kasus dugaan korupsi.
Dahlan hanya tersenyum dan melambaikan tangan saat dimintai konfirmasinya mengenai laporan itu. Tak ada sepatah kata pun dari Dahlan ketika diberondong pertanyaan wartawan. Dia terus berjalan kaki menghampiri mobilnya yang masih berada di luar pintu gerbang Istana Bogor.
Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Fahri Hamzah mempertanyakan alasan pemerintah merespons kicauan akun anonim seperti @TrioMacan2000.
Menurut Fahri, akun anonim itu adalah bisnis ilegal, sehingga tak perlu pihak Istana menggubrisnya.
"@TrioMacan2000 adalah bisnis ilegal. Hubungan Dipo dengan bisnis ilegal itu mirip juga berhubungan dengan bisnis ilegal lainnya, termasuk narkoba," kata Fahri.
Seharusnya, kata Fahri, pemerintah justru mempertanyakan legalitas kicauan @TrioMacan2000 yang dicurigai merupakan salah satu praktik bisnis. (Jimmy R/Ant)


I am using the Free version of SPAMfighter.
SPAMfighter has removed 2034 of my spam emails to date.

Do you have a slow PC? Try a free scan!

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment