Saturday, January 4, 2014

[batavia-news] Polisi dalami pengajian Syekh Ahmad Arifin

 

 
Saturday, 04 January 2014 00:14    PDF Print E-mail
Polisi dalami pengajian Syekh Ahmad Arifin
Warta
RIDIN
WASPADA ONLINE


(Ilustrasi)

MEDAN - Kepolisian Resort Kota Medan masih mendalami kasus penistaan agama dengan memeriksa Syekh Muda Ahmad Arifin (AA).

Pendalaman yang dilakukan Polresta Medan tersebut  terkait laporan Forum Umat Islam (FUI) Sumatera Utara (Sumut) ke Polresta Medan yang tertuang dalam STTLP/3203 /XII/2013/SPKT RESTA MEDAN, Rabu (11/12) lalu.

Kanit Tipiter Polresta Medan, AKP Azaruddin yang dikonfirmasi di sela-sela pemeriksaan itu, menyebut kalau pemeriksaan itu masih sebatas pengambilan keterangan.

"Untuk pemeriksaan kali ini belum dapat melakukan penahan karena pemeriksaan masih berlangsung," katanya, hari ini.

Kasus ini mencuat setelah FUI Sumut melaporkan Syekh AA ke Polresta Medan atas sangkaan penistaan agama pada Rabu 11 Desember 2013 lalu. Laporan tersebut dibuat FUI berdasarkan laporan 74 orang yang mengaku mantan muridnya, mengaku pernah dizinahi oleh Syekh AA. Begitu juga dengan ajaran yang disampaikan Syekh AA, diduga menyimpang dari ajaran Islam.

Terlebih, laporan FUI tersebut semakin kuat dengan adanya fatwa nomor 03/KF/MUI-SU/IX/2013 tertanggal 10 September 2013 yang dikeluarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut yang menyatakan kalau pengajian yang dipimpin Syekh AA, menyimpang dari ajaran Islam.

Sebelumnya FUI Sumut melalui Ketua Harian FUI Sumut Indra Suheri, melaporkan Syekh Muda AA ke Polresta Medan, Rabu (11/12) lalu.

Laporan itu terkait dugaan penistaan agama Islam oleh Syekh Muda yang dilaporkan 16 mantan muridnya ke Sekretariat FUI Sumut di Jalan Putri Hijau, Medan Barat pada 6 Oktober 2013 lalu.

Terlebih, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut juga telah mengeluarkan fatwa nomor 03/KF/MUI-SU/IX/2013 tertanggal 10 September 2013 lalu yang menyatakan jika pengajian pimpinan Syekh Muda AA yang beralamat di Jalan Karya Bakti Kelurahan Pangkalan Masyhur Kecamatan Medan Johor, menyimpang dari ajaran Islam.

Laporan polisi itu bermula dari kedatangan 16 mantan murid Syekh Muda AA diantaranya bernama Nurlena, Misnawati, Fitri, Nur Arab dan Iyus ke sekretariat FUI Sumut. Kedatangan 16 mantan murid Syekh Muda AA itu, untuk melaporkan penyimpangan dalam ajaran yang disampaikan Syekh Muda AA. Dalam laporan itu, disebutkan ada 3 unsur penyimpangan ajaran yang disampaikan Syekh Muda AA pada murid-muridnya.

"Dalam laporan itu disebutkan kalau Syekh Muda mengatakan kalau Nabi Adam diciptakan malaikat berdasarkan perintah Allah yang bertentangan dengan surah Al-Baqaroh ayat 30. Begitu juga dengan zakat harta dari para murid, harus disampaikan pada Syekh Muda AA dan itu bertentangan dengan surah Attaubah ayat 60 dan terakhir. Terakhir disebut dalam laporan itu kalau nikah siri sah dilaksanakan tanpa wali dan saksi dan itu bertentangan dengan hadist, " ungkap Indra Suheri.

Berdasarkan laporan itu pula, Indra Suheri mengaku kalau pihaknya langsung mendatangi Majelis Ulama Indonesia untuk menanyakan hasil penyelidikan MUI Sumut atas laporan beberapa mantan murid Syekh Muda ke MUI Sumut pada 18 Juni 2013 lalu. Saat itulah, Indra mengaku kalau pihaknya mendapat foto copy Fatwa MUI Sumut yang menyatakan kalau Pengajian yang dipimpin Syekh Muda AA menyimpang dari ajaran Islam. Oleh karena itu, Indra mengaku kalau pihaknya melaporkan kasus itu ke Polresta Medan, berbekal 2 bukti tersebut.

"Sebenarnya, kita juga sudah mau mengambil langkah tegas untuk mendatangi Syekh Muda itu. Namun, setelah dirapatkan, kita masih menghormati hukum di negeri ini dengan mem percayai pihak Kepolisian untuk memproses laporan kami yangg tertuang pada STTLP/3203 /XII/2013/SPKT RESTA MEDAN ini, sesuai hukum yang berlaku," tambah Indra mengakhiri.

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment